Pengelolaan Keuangan BUM Desa

Pengelolaan Keuangan BUM Desa
Pengelolaan Keuangan BUM Desa

Bumdes.id – Pada setiap BUM Desa pasti memiliki catatan transaksi beserta laporan keuangan yang harus dibuat pada akhir bulan dan akhir periode untuk laporan keuangan.

BUM Desa menentukan perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan penganggaran. Dalam proses pengelolaan keuangan BUM Desa perlu dilakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum penganggaran, selanjutnya penatausahaan dan diteruskan pelaporan. 

Dan setelah hal tersebut selesai wajib bagi pengurus untuk melaporkan sebagai pertanggungjawaban dan juga diadakan evaluasi. 

Modal yang dimiliki BUM Desa menurut Permendes Nomor 4 Tahun 2015 berasal dari dana hibah, bantuan pemerintah, kerjasama usaha, dan juga bisa dari aset desa. Penyertaan modal desa terdapat dalam APBDes sebagai penyertaan modal BUM Desa. 

Menurut PP Nomor 11 Tahun 2021 Laporan pelaksanaan program kerja BUM Desa dalam bentuk laporan realisasi anggaran atas dibuatnya rencana program kerja dan anggaran BUM Desa. 

Adapun laporan semesteran yang dibuat adalah laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi. Terakhir dilakukan oleh pengurus pada laporan keuangan tahunan berupa laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan posisi keuangan konsolidasi unit, dan laporan laba rugi konsolidasi unit. 

Laporan posisi keuangan konsolidasi unit, dibuat berdasarkan laporan posisi keuangan pada masing-masing unit laporan konsolidasi merupakan penggabungan laporan dari beberapa laporan setiap unit usaha yang dimiliki BUM Desa. 

Pada laporan laba rugi konsolidasi dapat diketahui apakah BUM Desa tersebut mendapatkan keuntungan atau kerugian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *