Pentingnya Keterbukaan Laporan Keuangan Kepada Masyarakat

Tim Bumdes.id Berhasil Gelar Pelatihan dan Pendampingan Inovasi Pengolahan Sampah TPS 3R

Tim Bumdes.id Berhasil Gelar Pelatihan dan Pendampingan Inovasi Pengolahan Sampah TPS 3R

Bumdes.id – Pandemi COVID-19 merubah sistem bisnis model yang sudah ada sebelumnya. Masyarakat cenderung memiliki keinginan atau sifat konsumtif yang lebih berhati-hati. 

Hal ini seiring kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam menunjang kegiatan bekerja di rumah. Namun juga adanya COVID-19 tidak merubah perlakuan sistem bisnis yang ada di desa. 

Desa cenderung melakukan kegiatan bisnis atau usaha secara kontak langsung, dengan demikian COVID-19 ini sangat berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat di desa.

Dengan adanya vaksinasi COVID-19 oleh pemerintah menjadi dampak positif terutama pelaku ekonomi di desa. Hal ini dikarenakan masyarakat antusias dengan tatanan kehidupan yang baru dan menciptakan kegiatan ekonomi yang baru pada Desa.

BUM Desa memiliki peranan dalam menciptakan kembali kegiatan ekonomi di desa yang sempat berhenti karena adanya COVID-19. Peranan ini akan lebih baik apabila didukung sepenuhnya oleh pemerintah dalam memberikan suntikan modal ataupun keringanan dalam pajaknya. 

Dalam meningkatkan ekonomi di desa, peran BUM Desa dalam menciptakan lapangan kerja dapat diciptakan melalui pembuatan unit usaha yang disesuaikan dengan potensi-potensi yang ada di desa. 

Seperti contohnya adalah unit usaha wisata yang menjadi buruan masyarakat setelah melakukan vaksin, hal ini berdampak positif bagi BUM Desa dan juga pelaku usaha lainnya karena dapat meningkatkan ekonomi di desa. 

Laporan keuangan sangat penting bagi pelaku bisnis khususnya BUM Desa, dengan adanya laporan keuangan dapat menciptakan evaluasi, pengambilan keputusan dan juga sebagai bentuk tanggung jawab serta keterbukaan informasi kepada masyarakat. 

Laporan keuangan yang baik bukan hanya dilaporkan saat bisnis tersebut memiliki keuntungan, namun juga disaat bisnis tersebut mengalami kerugian diwajibkan tetap membuat laporan keuangan. 

Keterbukaan laporan keuangan nantinya akan memperlihatkan sistem kinerja yang sebelumnya dikerjakan dan menjadi evaluasi dalam pengambilan keputusan.

Peran aktif masyarakat dalam mendukung BUM Desa juga sangat penting yakni dapat memberikan argumen-argumen setelah diinformasikan laporan keuangannya. 

Sesuai Peraturan Pemerintah No.71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan menyebutkan bahwa transparansi ialah prinsip keterbukaan dan kejujuran yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggungjawaban pemerintah atas pengelolaan sumber daya yang dipercayakan sesuai peraturan dalam bentuk penyusunan laporan keuangan. 

Dengan adanya laporan keuangan yang baik secara terbuka dan dapat dipertanggung jawabkan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan juga secara tidak langsung akan berdampak pada kepuasan masyarakat terhadap peran BUM Desa. 

Keterbukaan informasi mengenai Laporan keuangan sangat diperlukan agar masyarakat setiap desa dapat mengetahui kinerja BUM Desa serta kebijakan yang diambil dalam urusan keuangan di setiap unit bisnisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *