Software Akuntansi Berbasis Web: SAAB (Sistem Aplikasi Akuntansi BUM Desa)

Software Akuntansi Berbasis Web: SAAB (Sistem Aplikasi Akuntansi BUM Desa)
Software Akuntansi Berbasis Web: SAAB (Sistem Aplikasi Akuntansi BUM Desa)

Bumdes.id – Perkembangan kegiatan bisnis pada perusahaan dan pemerintahan yang semakin ketat di Indonesia membuat semua perusahaan dan pemerintahan dituntut bersaing dalam teknologi akuntansi.

Teknologi akuntansi berupa software akuntansi, yang akan memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan.

Software akuntansi dirancang dengan perangkat sistem untuk mendukung kegiatan akuntansi yang memiliki control yang lebih luas.

Dengan begitu, software akuntansi bisa dikembangkan sendiri oleh perusahaan yang menggunakan sesuai dengan kebutuhan klien atau pengguna.

Sekarang tidak hanya di perusahaan saja yang dituntut oleh dalam perkembangan teknologi akuntansi, tapi juga di desa yang memiliki Badan Usaha Milik Desa pun juga menggunakan software akuntansi dalam memudahkan mereka untuk pencatatan transaksi harian sampai nantinya membuat laporan keuangan setiap bulannya. 

Badan Usaha Milik Desa adalah usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa dan berbadan hukum. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa.

Selanjutnya, BUM Desa sendiri bergerak di bidang ekonomi atau pelayanan umum yang dikelola secara mandiri oleh BUMDes.

Sedangkan Unit Usaha BUM Desa atau Unit Usaha BUM Desa adalah badan usaha milik BUM Desa yang melaksanakan kegiatan bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum berbadan hukum yang melaksanakan fungsi dan tujuan BUM Desa.

Dalam peraturan tentang BUM Desa ini, dijelaskan bahwa terdapat dua jenis BUM Desa yang terdiri atas: BUM Desa Bersama sesuai dengan PP 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa yang disahkan pada tanggal 2 Februari 2021.

Badan Usaha Milik Desa dikelola yang bertujuan dalam meningkatkan hidup masyarakat secara ekonomi. Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa juga harus mampu meningkatkan kemampuan keuangan pemerintahan desa dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Oleh karena itu, sistem akuntansi disini sangat dibutuhkan untuk kelangsungan pelaporan keuangan BUM Desa.

Sistem Akuntansi tersebut adalah Sistem Aplikasi Akuntansi BUM Desa (SAAB) adalah software yang ditawarkan oleh bumdes.id.

Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat memicu perkembangan BUM Desa yang lebih signifikan lagi kedepannya.

Tidak hanya itu, salah satu layanan yang ditawarkan oleh bumdes.id yaitu pendampingan dan pelatihan Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB).

Tujuan sistem SAAB ini memberikan panduan dalam pencatatan dan pelaporan BUM desa beserta unit-unit usahanya agar sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

SAAB ini sudah dilengkapi dengan komponen laporan keuangan berupa neraca, laba rugi, arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan CALK. Berikut tampilan awal dari SAAB :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *