Tiga Prioritas Dana Desa Tahun 2022

Tiga Prioritas Dana Desa Tahun 2022

 

Tiga Prioritas Dana Desa Tahun 2022
Tiga Prioritas Dana Desa Tahun 2022

Bumdes.id – Tahun 2021 sebentar lagi akan selesai,  pemerintah pusat telah mengalokasikan atau mengarahkan tentang prioritas Dana Desa Tahun 2022 yang tertuang dalam permendesa Nomor 7 Tahun 2021.   

Arahan Presiden tentang prioritas Dana Desa Tahun 2022 dalam pidato Presiden Republik Indonesia pada tanggal 16 Agustus 2021  mengatakan prioritas penggunaan dana desa mencakup kegiatan pemulihan ekonomi di desa melalui program perlindungan sosial dan kegiatan penanganan covid 19,  serta mendukung sektor prioritas nasional yang ditetapkan selanjutnya.  

Penggunaan dana desa juga diarahkan untuk mencapai sustainable Development Goals desa sesuai dengan potensi dan masalah Desa setempat sesuai hasil pendapatan atau indeks Desa membangun berbasis sustainable Development Goals desa tahun 2021. 

Prioritas penggunaan dana desa Tahun 2022 telah ditetapkan pada tanggal 24 Agustus 2021 dalam peraturan menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 menyebutkan bahwa ada 3 prioritas Dana Desa Tahun 2002 yang harus digunakan untuk pemulihan ekonomi nasional. 

  1. pertama adalah penanggulangan kemiskinan untuk mewujudkan Desa tanpa kemiskinan.
  2. kedua pembangunan dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan dikelola badan usaha milik desa atau badan usaha milik desa bersama untuk mewujudkan konsumsi dan produksi Desa sadar lingkungan.
  3. ketiga pembentukan pengembangan dan peningkatan kapasitas pengelolaan bumdes atau BUM Desa milik bersama untuk pertumbuhan ekonomi Desa merata. 

Dari ketiga prioritas tersebut dapat kita simpulkan bahwa untuk prioritas Dana Desa Tahun 2022 harus digunakan untuk memenuhi sustainable Development Goals desa melalui badan usaha milik desa.  

Artinya unit usaha bumdes yang dibentuk harus bisa mewujudkan 8 tipologi desa dan 18 sustainable Development Goals desa. 

Dalam penyusunan anggaran Tahun 2022, pemerintah Desa harus menggunakan prinsip-prinsip penggunaan dana desa Yakni memperhatikan kemanusiaan, keadilan,  kebhinekaan,  keseimbangan alam,  dan kebijakan strategis nasional berbasis kewenangan lokal berskala desa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *