Tindak Lanjut Keputusan Musyawarah Desa

Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa

Bumdes.id – Setelah selesai dilaksanakan musyawarah desa tahunan ataupun musyawarah desa khusus maka panitia perlu melakukan tindak lanjut dari hasil musyawarah desa tersebut. Tindak lanjut yang biasa dilakukan yaitu menuangkan hasil musyawarah desa dalam berita acara. 

Berita acara tersebut harus dipublikasikan kepada masyarakat atau stakeholder yang ada di desa agar mengetahui keputusan-keputusan yang diambil ketika musyawarah desa. 

Selain itu, berita acara tersebut menjadi salah satu acuan pemerintah desa dalam menetapkan kebijakan yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. 

Jika dalam pelaksanaan setelahnya  timbul perselisihan antar stakeholder desa, maka harus diselesaikan secara musyawarah mufakat dan dilandasi oleh kekeluargaan. 

Namun apabila belum juga tercapai maka pemerintah desa bisa meminta bantuan kepada pemerintah daerah untuk difasilitasi dalam penyelesaian perselisihan tersebut. 

Penyelesaian perselisihan ini bersifat final dan ditetapkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh para pihak dan pejabat yang memfasilitasi penyelesaian perselisihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *