Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa

Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa

Bumdes.id – Tujuan atau goals dalam penyusunan laporan keuangan sendiri dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu Pengumpulan Data, Penginputan Data, dan Pelaporan Data. 

Dalam mengumpulkan data, pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah melakukan setting akun untuk dikelompokkan. 

Di dalam akuntansi, pengelompokkan data ini bisa disebut sebagai COA (Chart of Account). Chart of Account atau Bagan Akun adalah sebuah daftar dari akun-akun yang fungsinya untuk memudahkan BUM Desa saat mencatat transaksi. 

Diperlukan setting COA terlebih dahulu dengan menyesuaikan pada transaksi masing-masing BUM Desa. Kedua, yaitu data saldo awal sebagai pondasi dalam penyusunan dan pencatatan neraca karena penetapan saldo awal akan mempengaruhi laporan-laporan akuntansi. 

Kemudian yang ketiga adalah membutuhkan data transaksi-transaksi keuangan dalam periode waktu tertentu.

Sedangkan dalam proses penginputan, dokumen yang perlu dilengkapi oleh BUM Desa antara lain yaitu Buku Kas Masuk (BKM), Buku Kas Keluar (BKK), dan Bukti Jurnal Umum (BJU) atau Bukti Memorial. 

Oleh karena itu, diperlukan penatausahaan yang baik agar mempermudah proses penyusunan laporan keuangan BUM Desa. 

Goal yang terakhir dalam penyusunan laporan keuangan yaitu Pelaporan. Laporan keuangan BUM Desa yang paling utama perlu dilaporkan adalah Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Posisi Keuangan sesuai yang diamanatkan pada PP No. 11 Tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *