Kisah Pendampingan Desa Sukajaya Sukabumi Pemenang Desa Brilian (II)

Kisah Pendampingan Desa Sukajaya Sukabumi Pemenang Desa Brilian (II)

Kisah Pendampingan Desa Sukajaya Sukabumi Pemenang Desa Brilian (II)

Hari Kedua Pendampingan Desa Sukajaya Sukabumi

Bumdes.id – Hari kedua tanggal 8 januari 2022, tim melakukan pendampingan penyusunan Bisnis Model Canvas BMC. BMC yang dibuat adalah unit usaha ekowisata desa. 

Tim Bumdes.id meminta direktur untuk menggambarkan peta desa, memetakan potensi di setiap padukuhan. 

Upaya ini dilakukan supaya direktur tahu setiap padukuhan punya potensi apa saja, Sehingga arah dari unit usaha nanti mewujudkan SDGs desa point ke 8 yaitu pertumbuhan ekonomi desa merata. 

Baca juga: Kisah Pendampingan Desa Sugihwaras Pemenang Desa Brilian

Saat ini yang sudah terpetakan, di Desa Sukajaya memiliki petani bunga, petani melon, petani nanas, dan budidaya lele.

Tidak hanya itu tim Bumdes.id juga melakukan pendampingan keuangan. Salah satu kendala yang dihadapi BUM Desa Terus Jaya Sehati yaitu dalam sistem pertanggungjawaban kinerjanya. 

Dalam hal pengelolaan keuangan yang masih dilakukan secara manual alias belum menggunakan Excel maupun aplikasi akuntansi. 

Hal ini menjadi kendala dalam pelaporan data dan pemberitahuan tentang informasi keuangan selain itu juga aspek kurangnya SDM yang mumpuni. 

Baca Juga: Ketahui Enam Sasaran BLT Dana Desa Sesuai Arahan Presiden

Pelatihan keuangan hari kedua dihadiri oleh Ibu Herlin selaku Bendahara dan Ibu Sarah selaku Sekretaris. Pendampingan ini berfokus pada penyusunan laporan keuangan menggunakan Siskeu Desa berbasis Excel. 

Pendampingan penyusunan laporan keuangan dimulai dengan pengindentifikasian transaksi yang ada di masing-masing unit usaha, input transaksi dari Januari 2021, hingga tersusun laporan keuangan Laba Rugi dan Neraca yang telah disesuaikan dengan PP 11/2021. 

Berdasarkan pembukuan harian unit yang ada di BUM Desa Terus Jaya Sehati, laporan keuangan yang telah disusun antara lain yaitu Unit Usaha LPG & Pertashop dan Unit Usaha Rent Car. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *