Ayo Belajar dari BUMDes Sukses! BUMDes Sekapuk Gresik Jawa Timur

Ayo Belajar dari BUMDes Sukses! BUMDes Sekapuk Gresik Jawa Timur
Ayo Belajar dari BUMDes Sukses! BUMDes Sekapuk Gresik Jawa Timur
Ayo Belajar dari BUMDes Sukses! BUMDes Sekapuk Gresik Jawa Timur

Bumdes.id – Desa Sekapuk yang terletak di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur adalah salah satu desa yang pernah didampingi oleh Bumdes.id. 

Sekapuk berhasil meraih peringkat 10 besar kompetisi Desa Brilian yang diadakan oleh Bank BRI dan Bumdes.id.

Antara lain mempunyai BUMDes yang aktif dan menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi desa, menjadi desa digital dibuktikan dengan memanfaatkan sarana-sarana digital.

Menjadi desa yang tangguh dan berkelanjutan dibuktikan desa mampu menumbuhkan kesejahteraan warga desa secara keseluruhan.

Baca Juga: 4 Faktor Pentingnya SAAB Bagi Perkembangan BUMDes

Serta yang paling akhir adalah mampu mengoptimalkan sektor-sektor unggulan desa.

Peran-peran penting Sekapuk menjadi pemenang Desa Brilian Batch 1 Tahun 2021 dari Bumdes.id ini bisa menjadi contoh Bumdes sukses yang bisa diadopsi oleh desa-desa lainnya. 

Lalu apa saja tahapan untuk mencapai bumdes sukses dan memenuhi kriteria dari Bumdes.id? berikut alurnya:
  1. Bumdes.id memiliki beberapa kriteria untuk menentukan contoh bumdes yang sukses maupun contoh bumdes yang gagal. Penentuan kriteria ini didapat dari isian cek kesehatan usaha terlebih dahulu melalui website: www.bumdes.id. Nantinya tim konsultan Bumdes.id akan menentukan arah posisi dan pemetaan BUMDes berada dalam tahapan atau posisi BUMDes rintisan, tumbuh atau maju dan kemudian berkelanjutan (sukses).
  2. Jika pengurus BUMDes sudah mengisi cek kesehatan usaha yang ada di dalam website www.bumdes.id, maka langkah selanjutnya akan mendapat pemetaan posisi BUMDes. Posisi BUMDes di dalam tahapan rintisan, tumbuh atau maju akan menentukan untuk apa saja yang perlu diperbaiki.
  3. Konsultan Bumdes.id akan mendampingi dalam proses perbaikan BUMDes-BUMDes dari yang awalnya rintisan untuk naik ke tingkat maju. Biasanya beberapa hal yang mesti diperbaiki terkait dengan struktur organisasi dan tata kelola kelembagaan (SOTK), dilanjutkan dengan melakukan pemetaan bentang alam, pemetaan potensi sumber daya manusia serta potensi-potensi unggulan desa, serta termasuk perencanaan pemetaan unit usaha yang bisa dikelola BUMDes di kemudian hari. Yang perlu diingat bahwa BUMDes berbentuk rintisan harus membangun bentuk organisasinya terlebih dahulu, menentukan arah bisnis dan menentukan sumber-sumber potensi.
  4. Selanjutnya jika sudah berada di tahapan BUMDes tumbuh, maka konsultan Bumdes.id akan merekomendasikan pengurus BUMDes mengikuti upskilling atau pelatihan manajemen ToT BUMDes. Pelatihan ini dilakukan untuk memastikan SDM-SDM yang dimiliki BUMDes memahami karakter BUMDes dari hulu sampai hilir: dimulai dari persoalan payung hukum, pembentukan kelembagaan, pemetaan potensi, unit usaha hingga digitalisasi yang meliputi pembuatan laporan keuangan hingga praktek-praktek langsung di lapangan. Upskilling ini juga langsung studi lapangan untuk berinteraksi dengan contoh BUMDes yang sukses misalnya seperti di Sambisari Sleman atau di wilayah lain.
  5. Pada tahapan selanjutnya, BUMDes dapat dikatakan sukses ketika telah melewati status maju dan menuju berkelanjutan. Posisi ini biasanya BUMDes sudah mampu mengoptimalkan sektor-sektor unggulan desa, baik itu sektor unggulan yang berbentuk produk maupun sektor unggulan yang berbentuk non-produk (wisata dan layanan jasa). 

Sekapuk dapat dikatakan menjadi contoh BUMDes yang sukses karena berhasil mengoptimalkan potensi unggulan desanya yaitu pariwisata. 

Dari yang awalnya hanya bekas galian tambang kapur kemudian disulap menjadi destinasi wisata, melibatkan Pokdarwis dan BUMDes.

Keduanya berfungsi untuk mengelola unit-unit usaha wisata dengan yang lain, menyerap ratusan tenaga kerja dari desanya sendiri.

Baca Juga: Ketahui Enam Sasaran BLT Dana Desa Sesuai Arahan Presiden 

Serta secara perlahan-lahan mampu meningkatkan pendapatan bulanan warga desa yang dari tadinya di bawah angka ratus ribuan menjadi naik di angka jutaan. 

Pencapaian ini dicapai hanya dalam jangka waktu lima tahun saja, hingga akhirnya Sekapuk berhasil meraih pendapatan desa yang fantastis dan kemudian dikenal sebagai desa miliarder. 

Jika anda berkunjung ke Sekapuk, maka jangan heran jika mobil dinas Pemerintahan Desanya bermerk fortuner atau pajero sport. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *