Tiga Cara Bergabung Menjadi Anggota Bumdes.id

Cara Daftar BUmdes.id
Cara Daftar BUmdes.id
Tampilan Website Bumdes,id

Bumdes.id – Berikut cara mudah untuk menjadi anggota Bumdes.id yang merupakan aggregator dan komunitas BUMDes terbesar di Indonesia. Sebagai berikut: 

  1. Kunjungi website www.bumdes.id melalui browser di handphone atau laptop. Kemudian klik tombol login di sebelah kanan.
  2. Selanjutnya jika belum mendaftar, anda bisa klik tombol daftar.
  3. Setelah klik tombol daftar, Anda akan diarahkan untuk mengisi nama, email dan no telp.

Lebih lengkapnya bisa dibaca terlebih dahulu penjelasan tekait dengan BUMDes di Indonesia Berikut ini.

Sebuah pepatah mengatakan domba yang sendirian akan cenderung mudah menjadi ancaman predator lain. 

Analogi yang sama juga berlaku dalam memulai bisnis atau usaha, ketika kita melakukannya secara sendirian, apabila menemukan kegagalan dan jalan buntu akan cenderung mudah putus asa. 

Apa ancaman terbesarnya? Kita akan mudah menjadi bullyan atau cemoohan dari orang lain atas kegagalan kita. 

Mendirikan dan mengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga memerlukan seni tersendiri. 

Mengurus BUMDes tidak bisa sendirian, harus mengedepankan kerjasama antar tim, komunikasi efektif interpersonal dan lintas sektor (baik pemerintah desa, masyarakat desa hingga pihak ketiga). 

Baca juga: Apa itu BUMDes Bersama?

Serta tak lupa pula bergabung dengan komunitas yang sama, sevisi dan bisa memberikan jalan keluar atas masalah-masalah yang kita hadapi. 

Mengapa perlu bergabung ke dalam komunitas yang sama dan sevisi? Karena nantinya ketika kita mengurus BUMDes dan menemukan kegagalan, kita tidak akan berpikir pesimis. 

Kita bisa mencari teman-teman atau kelompok yang memiliki masalah yang sama dan saling bertukar pikiran. 

Bahkan kita bisa menemukan mentor-mentor yang ahli di dalam bidangnya masing-masing. Secara jangka panjang bahkan kita bisa mengadopsi cerita sukses BUMDes-BUMDes lain. 

Bumdes.id sebagai aggregator dan komunitas BUMDes terbesar di Indonesia memiliki banyak mentor-mentor dan jejaring ahli terkait dengan BUMDes dan desa. 

Dengan bergabung ke dalam anggota komunitas Bumdes.id, maka semua anggota akan terhubung dengan mentor-mentor ahli, jejaring BUMDes sukses.

Sehingga bisa belajar dari kisah kegagalan BUMDes lain agar kita tidak mengulanginya. 

Serta belajar untuk mempraktekkan ATM (amati, tiru dan modifikasi) atas model bisnis, unit usaha hingga perbaikan kelembagaan dan sistem digitalisasi. 

Jejaring-jejaring yang dimiliki Bumdes.id terdiri dari kalangan Akademisi dari berbagai kampus terbaik di Indonesia, praktisi bisnis dan industri, pejabat pemerintah pusat hingga daerah, jaringan institusi keuangan untuk belajar menjadi BUMDes yang bankable serta kalangan media massa.

Baca juga: Cerita Pendampingan BUM Desa Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon Pemenang Desa Brilian Batch 3

Lalu, bagaimana sih bergabung menjadi anggota atau member Bumdes.id? berikut tiga langkah mudah bergabung menjadi anggota Bumdes.id:

  1. Kunjungi website www.bumdes.id melalui browser di handphone atau laptop. Kemudian klik tombol login di sebelah kanan.
  2. Selanjutnya jika belum mendaftar, anda bisa klik tombol daftar.
  3. Setelah klik tombol daftar, Anda akan diarahkan untuk mengisi nama, email dan no telp.

Selanjutnya Anda bisa cek inbox email untuk masuk kembali dengan link yang terkirim. 

Anda secara resmi sudah tergabung dalam anggota Bumdes.id dan selanjutnya bisa mencoba mengisi cek kesehatan usaha (CKU) BUMDes.

Hal diatas berfungsi untuk memperoleh bantuan dari Konsultan Bumdes.id terkait dengan permasalahan-permasalahan yang terkait dengan BUMDes. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *