Cerita Pendampingan BUM Desa Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon Pemenang Desa Brilian Batch 3

Cerita Pendampingan BUM Desa Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon Pemenang Desa Brilian Batch 3
Cerita Pendampingan BUM Desa Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon Pemenang Desa Brilian Batch 3
Proses Pendampingan BUM Desa Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon

Bumdes.id – Tim Bumdes.id mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan program pendampingan yang dilakukan untuk para pemenang desa Brilian. 

Pendamping yang dilakukan oleh tim Bumdes.id bertempat di BUM Desa Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon. 

Pendampingan hari pertama pada tanggal 17 Februari 2022, tim konsultan bumdes.id mendampingi BUM Desa Sumbermulyo dari sisi kelembagaan dan inovasi. 

Acara pendampingan ini diikuti oleh Pak Hardi selaku Kepala Desa Sumberejo Kulon, Mbak Yuri selaku Direktur BUM Desa Sumber Mulyo, Mbak Sheila selaku Sekretaris BUM Desa, Mbak Daryuni Selaku Bendahara, dan Mas Zidni selaku pengelola unit Wisata Mbalung Kawuk.

Baca Juga: Ketahui Enam Sasaran BLT Dana Desa Sesuai Arahan Presiden.

Kondisi kelembagaan BUM Desa sudah memiliki sertifikat badan hukum, Perdes, AD/ART, RKAP secara lengkap. 

Selain itu, telah disampaikan oleh Pak Suhardi bahwa cita-cita PEMDES dan BUMDesa adalah mengembangkan unit usaha wisata kuliner.

Dengan fokus utama kuliner khususnya tahu, ikan air tawar, dan botok. 

Setelah tim melakukan pemetaan bentang, potensi yg bisa dikembangkan di BUM Desa Sumber Mulyo adalah unit wisata (Mbalung Kawuk) dimana terdapat banyak kuliner di dalamnya. 

BUM Desa Sumber Mulyo memiliki 4 unit usaha yaitu unit wifi (internet), unit toko, unit wisata (mbalung kawuk), dan unit PPOB (brilink dan agen pos). 

Selain itu, Mbak Yuri selaku Direktur BUM Desa Sumberejo Kulon menyampaikan bahwa terdapat kendala internal terkait pendanaan dari pemerintah desa, sehingga ada wacana untuk membuka investasi dari masyarakat sebagai suntikan dana.

Baca Juga: Kisah Pendampingan Desa Sukajaya Sukabumi Pemenang Desa Brilian (Part I)

Pendampingan hari pertama ini difokuskan pada internal kelembagaan dan pemetaan bentang. Tim bumdes.id telah melakukan pembuatan BMC untuk unit usaha wisata dengan mbak Yuri selaku direktur BUM Desa Sumber Mulyo. 

Selain itu tim juga melakukan collect data untuk laporan sustainability report dengan mbak Sheila selaku sekretaris BUM Desa Sumber Mulyo. 

Harapannya, agar BUM Desa Sumber Mulyo memiliki pandangan rencana pengembangan usahanya dengan membuat Bisnis Model Canvas (BMC)

Selain itu juga menuntaskan permasalahan terkait AD (investasi pihak ketiga dan PADes). 

Begitulah cerita pendampingan dari UM Desa Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon Pemenang Desa Brilian Batch 3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *