Belajar dari Bumdes Kemudo Makmur, Memanfaatkan Limbah Bekas Menjadi Uang

Belajar dari Bumdes Kemudo Makmur, Memanfaatkan Limbah Bekas Menjadi Uang
Belajar dari Bumdes Kemudo Makmur, Memanfaatkan Limbah Bekas Menjadi Uang
Belajar dari Bumdes Kemudo Makmur, Memanfaatkan Limbah Bekas Menjadi Uang

Bumdes.id – BUMDes Kemudo Makmur adalah BUMDes dampingan Bumdes.id yang berhasil dan sukses untuk memanfaakan limbah bekas. 

Pendampingan ini berawal dari dana corporate social responsibility (CSR) PT Sari Husada Danone yang menunjuk Bumdes.id untuk merencanakan peta jalan BUMDes berkelanjutan di Kemudo.

Alasan utama Sari Husada menunjuk Bumdes.id adalah karena pengalaman panjang dalam hal pendampingan BUMDes. 

Kemudian dari Sarihusada sendiri tidak ingin dana CSR hanya asal memberikan uang saja, tetapi juga dibarengi dengan program-program pendampingan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Cara Membentuk BUM Desa Profesional

Salah satu program pendampingan Bumdes.id di Kemudo Makmur adalah memaksimalkan potensi sektor unggulan desa. 

Desa Kemudo yang terletak di Prambanan, Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah ini memiliki kayu-kayu bekas kontainer pabrik. 

Wilayah Desa Kemudo sendiri banyak pabrik-pabrik yang menghasilkan limbah produk kayu bekas bantalan kontainer. 

Kayu-kayu yang awalnya digunakan oleh kontainer ini kemudian menjadi sisa limbah.  Limbah-limbah inilah yang kemudian dikelola menjadi handycraft atau seni kayu yang diperjualbelikan dengan nilai yang tinggi.

BUMDes Kemudo Makmur memaksimalkan limbah didasari alasan untuk mengembangkan industri kreatif di desa. 

Selain itu juga memberikan nilai tambah kepada limbah-limbah bekas olahan yang bisa menghasilkan pendapatan bagi penduduk desa. 

Program ini tidak terlepas dari pendampingan Bumdes.id yang berhasil melakukan pemetaan potensi dan usaha yang ada di Desa Kemudo Klaten. 

Program pendampingan pengolahan nilai limbah kayu kontainer pabrik ini adalah program pendampingan pertama yang berhasil dan kemudian menembus pasar ekspor. 

Baca Juga: Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Proses pendampingan ini diawali dari pemetaan potensi usaha, cek kesehatan usaha BUMDes, kemudian dilakukan asesmen untuk merencanakan strategi usaha. 

Limbah-limbah kayu yang ada kemudian dikumpulkan dalam bengkel workshop. Kemudian diadakan pelatihan bagi para pekerja untuk mengolah menjadi handycraft.

BUMDes Kemudo Makmur menjadi fasilitator penting keberhasilan pengolahan handicraft ini. Karena memiliki visi besar dalam memandirikan masyarakat desa dalam hal kesejahteraan dan peningkatan pendapatan. 

Program pendampingan lainnya yang dilakukan Bumdes.id di Desa Kemudo adalah pendirian Toko Kamajaya Mart, yaitu toko tradisional yang kemudian berubah menjadi toko modern. Toko ini berhasil menjadi agregator lahirnya UMKM-UMKM baru di desa.

Apabila BUM Desa belum terdaftar bisa mendownload Panduan Pendaftaran Sertifikat Badan Hukum Bumdes di link berikut .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *