Cara Mencegah Korupsi di BUMDes

Cara Mencegah Korupsi di BUMDes
Cara Mencegah Korupsi di BUMDes
Cara Mencegah Korupsi di BUMDes

Bumdes.id – Berikut merupakan cara mencegah korupsi agar tidak terjadi di BUMDes yang bisa diterapkan. 

Terdapat banyak cara untuk mencegah timbulnya korupsi di tubuh pengurus BUMDes salah satunya dengan musyawarah desa hingga berjalannya operasionalisasi BUMDes.

BUMDes adalah badan usaha yang dibentuk dan didirikan dengan filosofi untuk memajukan kesejahteraan umum masyarakat desa. 

Baca Juga: Bumdes.id Lakukan Pendampingan BUM Desa Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan

Sehingga tumbuh kembangnya BUMDes perlu diawasi, diperhatikan dan dikelola dengan baik oleh para profesional. 

Nantinya proses pengawasan ini dapat dilakukan oleh pihak internal maupun pihak eksternal. 

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya korupsi di dalam BUMDes.

  1. Memastikan proses musyawarah desa berjalan baik dalam menyusun rencana strategis BUMDes, termasuk di dalamnya penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BUMDes. 
  2. Memastikan jajaran dewan penasehat yang diisi kepala desa berkomitmen untuk mengawasi dan mengarahkan BUMDes agar profesional dan berorientasi pada kepentingan masyarakat luas.
  3. Memastikan jajaran dewan pengawas BUMDes memahami peran, tugas, pokok dan fungsi untuk mengawasi operasional BUMDes agar sesuai dengan jalur, transparan dan mengedepankan akuntabilitas.
  4. Jika pengurus BUMDes belum memiliki keahlian dalam mengelola badan usaha, maka dapat mengikuti training of trainers (TOT) yang dilakukan oleh Bumdes.id untuk memahami filosofi, tata kelola dan penyusunan keuangan BUMDes.

Bumdes.id juga banyak mengadakan webinar, talkshow dan diskusi terkait dengan BUMDes, termasuk tidak terbatas dengan persoalan-persoalan BUMDes hari ini.

Anda bisa bergabung ke dalam komunitas Bumdes.id melalui website: www.bumdes.id lalu klik login untuk bergabung menjadi member. 

Baca Juga: Pentingnya Rencana Keuangan Bagi BUM Desa

Selain itu, dapat juga bergabung dalam webinar-webinar Bumdes.id di: www.learning.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *