Kolaborasi Dinkop dan Desa Adakan Pelatihan Tata Kelola Keuangan BUMDes

Bumdes.id – Pada 17 Maret 2022 kemarin Dinkop berkolaborasi dengan desa dan Bumdes.id mengadakan pelatihan tata kelola keuangan Bumdes. 

Acara diselenggarakan secara offline di Hotel Alana dengan jumlah peserta yang mengikuti yakni 26 peserta yang datang dari Bimomartani. 

Secara umum acara berjalan lancar sampai akhir dengan peserta aktif dalam bertanya dan diskusi bersama pemateri sehingga diskusi berjalan 2 arah.

Baca Juga: Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Pelatihan tata kelola keuangan BUMDes ini dijelaskan langsung oleh konsultan bumdes id yakni R. Ayu Riska Norcamalia, S.Ak.

Salah satu poin menarik yang dijelaskan oleh  R. Ayu Riska Norcamalia, S.Ak  terkait tata kelola BUMDes yang dibagi menjadi enam yakni:

  1. perencanaan,
  2. penganggaran,
  3. penatausahaan,
  4. pelaporan,
  5. pertanggungjawaban
  6. evaluasi. 

Pada poin penatausahaan yakni rekening Bumdes yang bisa dibagi menjadi dua yakni rekening penerimaan dan rekening pengeluaran. 

Rekening penerimaan haris dilengkapi dengan STS atau surat tanda setoran maksimal h+1 sedangkan rekening pengeluaran dibagi menjadi tiga hal penting yakni: operasional pelatihan, penggajian dan barang modal. 

Selain itu dijelaskan secara rinci pula terkait dengan laporan keuangan bumdes pasca pp nomor 11 tahun 2021 kemarin. 

Menurut PP 11 Tahun 2021 Bab X Pasal 58, penyusunan laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban BUM Desa baik kepada pemerintah desa, stakeholder, dan masyarakat.

Adapun poin-poin penting terkait laporan keuangan apa saja yang harus disusun oleh BUM Desa mengacu pada PP 11 Tahun 2021 bisa dibaca pada artikel berikut ini.

Baca Juga: Bito Wikantosa, Staf Ahli Kemendes Bicara BUMDes Merancang Ketahanan Pangan

Begitulah acara kolaborasi yang diadakan oleh Dinkop bersama dengan desa dan Bumdes.id yang ditutup dengan foto bersama dengan narasumber dan peserta. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *