Laporan Keuangan BUM Desa Menurut PP 11 Tahun 2021

Pendampingan BUMDes Buana Mekar (II)
Pendampingan BUMDes Buana Mekar (II)
Pendampingan BUMDes Buana Mekar (II)

Bumdes.id – Laporan keuangan (financial statement) seringkali menjadi topik diskusi yang menarik bagi BUM Desa terkait dengan laporan apa yang harus disusun serta bagaimana kiat-kiat penyusunan laporan keuangan. 

Hal ini menjadi semakin menarik dan penting untuk dibahas karena kaitannya dengan kewajiban BUM Desa untuk melakukan pertanggungjawaban baik kepada pemerintah desa maupun masyarakat. 

Berkaitan dengan pertanggungjawaban BUM Desa, sudah ada ketentuan hukum yang membahas terkait dengan pertanggungjawaban BUM Desa yakni dalam PP 11 Tahun 2021 Bab X tentang pertanggungjawaban. 

Menurut PP 11 Tahun 2021 Bab X Pasal 58, penyusunan laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban BUM Desa baik kepada pemerintah desa, stakeholder, dan masyarakat.

Adapun poin-poin penting terkait laporan keuangan apa saja yang harus disusun oleh BUM Desa mengacu pada PP 11 Tahun 2021 akan dirincikan sebagai berikut :

1.Laporan Realisasi Anggaran

Pasal 58 ayat (1) menyebutkan bahwa “Pelaksana operasional wajib menyiapkan laporan berkala yang memuat pelaksanaan rencana program kerja BUM Desa/BUM Desa bersama”. 

Berdasarkan bunyi pasal 58 ayat (1), maka sebenarnya BUM Desa diarahkan kepada penyusunan Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa yang memuat detail terkait dengan rencana program kerja yang akan dijalankan selama tahun mendatang beserta dengan rincian anggarannya. 

Output/Hasil yang diharapkan dari adanya Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa (RPKAB) adalah penyusunan Laporan Realisasi Anggaran. 

Laporan Realisasi Anggaran selanjutnya menyajikan informasi terkait dengan realisasi dari program kerja yang sudah disusun beserta dengan rincian biaya yang dikeluarkan dan pendapatan yang dihasilkan. 

2.Laporan Semesteran

Pada pasal 58 ayat (2) menyebutkan bahwa BUM Desa perlu menyusun laporan berkala berupa laporan semesteran dan laporan tahunan. 

Laporan semesteran merupakan laporan yang disusun oleh BUM Desa untuk jangka waktu 6 bulan sekali atau setengah tahun. 

Adapun laporan semesteran yang harus disusun oleh BUM Desa yaitu Laporan Posisi Keuangan Semesteran dan Laporan Laba Rugi Semesteran.

3.Laporan Tahunan

Laporan Tahunan memuat laporan yang disusun oleh BUM Desa untuk jangka waktu satu tahun atau 12 bulan. 

Laporan tahunan yang harus disusun oleh BUM Desa diantaranya Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi, Laporan Posisi Keuangan Konsolidasi, dan Laporan Laba Rugi Konsolidasi. 

Konsolidasi yang dimaksud adalah laporan gabungan antara laporan BUM Desa dan laporan dari tiap-tiap unit usaha BUM Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *