Pendampingan BUMDes Usaha Sejahtera (II)

Pendampingan BUM Desa Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan Hari Kedua
Pendampingan BUM Desa Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan Hari Kedua
Pendampingan BUM Desa Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan Hari Kedua

Bumdes.id – Tim Bumdes.id melanjutkan pendampingan ke BUM Desa Usaha Sejahtera pada hari kedua yakni tanggal 8 Maret 2022.

Pada hari kedua, tim bumdes.id melakukan pendampingan penyusunan laporan keuangan BUM Desa Usaha Sejahtera. 

Dihadiri oleh Widodo selaku Direktur BUMDes Usaha Sejahtera, Yunifa selaku Bendahara, dan Isyfa selaku Sekretaris BUMDes. 

Baca Juga: Bumdes.id Lakukan Pendampingan BUM Desa Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan

Kondisi pengelolaan keuangan di BUM Desa Usaha Sejahtera sudah cukup baik. Dari segi penatausahaan, sudah dilakukan pemisahan antara transaksi pengeluaran dan pemasukan kas sehingga memudahkan dalam identifikasi dan pengelolaan keuangannya. 

Namun, memang dari sisi pencatatan keuangannya masih sederhana menggunakan excel.

Yunifa selaku Bendahara BUM Desa Usaha Sejahtera menyampaikan bahwa kendala yang dihadapi saat ini dalam pengelolaan keuangan.

Kendalanya terletak pada perlakuan akuntansi untuk penyusutan aset tetap serta masih bingungnya dalam penyusunan laporan keuangan. 

Hal tersebut menjadi bahan diskusi bersama antara tim konsultan dan pihak bendahara untuk memberikan pemahaman terkait dengan depresiasi aset dan laporan keuangan yang sesuai dengan PP 11/2021.

Pendampingan pada hari kedua berfokus pada identifikasi transaksi penerimaan dan pengeluaran BUM Desa selama bulan Januari 2022.

Pendampingan BUM Desa Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan Hari Kedua
Proses Pendampingan BUM Desa Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan Hari Kedua

Pengelompokan COA yang disesuaikan dengan transaksi di BUM Desa, pengumpulan data keuangan maupun non keuangan, serta penyusunan sustainability report.

Di hari kedua ini juga seluruh perangkat hadir di Balai Desa Pejengkolan untuk diskusi mengenai rencana program kerja BUM Desa kedepannya. 

Harapannya, kegiatan dan program yang ada di BUM Desa dapat selaras dengan apa yang dicita-citakan Pemerintah Desa Pejengkolan.

Baca Juga: Pentingnya Rencana Keuangan Bagi BUM Desa

Begitulah acara pendampingan yang dilakukan oleh Tim Bumdes.id di BUM Desa Usaha Sejahtera pada hari kedua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *