Pentingnya Rencana Keuangan Bagi BUM Desa

Pentingnya Rencana Keuangan Bagi BUM Desa
Pentingnya Rencana Keuangan Bagi BUM  Desa
Pentingnya Rencana Keuangan Bagi BUM Desa

Bumdes.id – Rencana Keuangan BUM Desa merupakan sebuah aktivitas penting berkaitan dengan menyusun strategi dalam pengelolaan keuangan BUM Desa.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengatasi masalah keuangan yang dihadapi BUM Desa.

Hal ini juga untuk peningkatan hasil pelaporan keuangan pada tahun berikutnya.

Rencana Keuangan yang dimaksud di dalam BUM Desa seperti alokasi rencana anggaran baik dari pembiayaan belanja, dan pembiayaan. 

Rencana Keuangan dilakukan dengan perencanaan dan penganggaran modal BUM Desa sama seperti dengan siklus keuangan pada umumnya.

Meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban.

Baca Juga: Bumdes.id Adakan Pendampingan Offline Pertama Desa Sanggrahan Canangkan Ekowisata Edukasi (Part 1)

Oleh karena itu, dengan merencanakan keuangan menjadi penentu salah satu keberhasilan BUM Desa. 

Tujuan dalam rencana keuangan salah satunya dapat menyakinkan Pemerintah Desa dan masyarakat untuk guna penyertaan modal. 

Dalam mewujudkan tujuan tersebut harus didasari dengan strategi dalam penganggaran dan pengalokasian keuangan di BUM Desa yaitu salah satunya dengan menyusun LRA (Laporan Realisasi Anggaran) beserta melakukan pembukuan setiap transaksi harian di BUM Desa. 

Dengan melakukan penganggaran keuangan dalam hal pembiayaan dan belanja dapat mengontrol keuangan di BUM Desa itu sendiri. 

Sedangkan dengan diterapkannya pencatatan atau pembukuan kas yang masuk dan keluar dapat menjadi pedoman pengurus BUM Desa.

Dalam mewujudkan rencana keuangan yang baik pertama-tama dilakukannya penganggaran belanja dan pembiayaan untuk controlling pengeluaran BUM Desa pada tahun berikutnya. 

Sehingga pembiayaan dan belanja tidak melebihi batas anggaran yang sudah ditetapkan BUM Desa sehingga dapat meminimalkan pengeluaran yang tidak penting atau diluar transaksi kegiatan BUM Desa. 

Setelah melakukan penganggaran, BUM Desa harus bisa menerapkan pembukuan dari setiap transaksi kas masuk dan keluar. 

Baca Juga: Apa itu Program RPL Kemendes Bagi Pengurus BUMDes?

Kemudian setelah itu bisa disusunlah laporan keuangan oleh BUM Desa yang salah satunya LRA yang sekarang sudah diatur sesuai dengan PP No.11 Tahun 2021. 

LRA (Laporan Realisasi Anggaran) merupakan laporan yang menyajikan informasi terkait realisasi pada tahun sekarang yang berupa pendapatan, belanja, dan pembiayaan. 

Nantinya akan ditemukan berapa surplus atau defisit di tahun periode tersebut dan masing-masing pagu dibandingkan dengan anggarannya dalam satu periode. 

Dengan menyusun LRA merupakan outcome dari pentingnya rencana keuangan sehingga mampu menghasilkan bagian keuangan BUM Desa berupa laporan keuangan BUM Desa yang digunakan untuk pertanggungjawaban kepada desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *