Materi Pelatihan BUMDes (BUM Desa) 2022

Materi Pelatihan BUMDes (BUM Desa) 2022
Materi Pelatihan BUMDes (BUM Desa) 2022
Materi Pelatihan BUMDes (BUM Desa) 2022

Materi pelatihan Bumdes 2022 ini berguna bagi pengurus BUM Desa untuk merevitalisasi, memperbaiki serta mengembangkan BUM Desa.

Materi pelatihan BUMDes 2022 juga membantu Bumdes menjadi lebih optimal serta mampu bangkit kembali membangun ekonomi desa.

Pada pelatihan BUMDes yang diadakan oleh Bumdes.id, pemberian materi dibagi ke dalam dua sesi yaitu hari pertama dan hari kedua. 

Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Berikut materi pelatihan BUMDes 2022 hari pertama:

  1. Filosofi dan Revitalisasi BUMDes Paska PP 11 Tahun 2021 dan Permendesa No 3 Tahun 2021. Materi ini bertujuan menyegarkan pemahaman pengurus BUM Desa mengenai payung hukum terbaru serta tata cara pendaftaran sertifikat badan hukum BUMDes. 
  2. Tata Kelola dan keuangan BUMDes. Materi ini bertujuan memberikan pemahaman pengurus BUM Desa mengenai alur pendirian BUMDes dan penyusunan SOP Keuangan sesuai dengan PP 11 Tahun 2021.
  3. Sesi sharing praktik BUM Desa terbaik di Indonesia. Bumdes.id akan menghadirkan direktur BUM Desa, sekretaris desa hingga kepala desa yang telah sukses membangun BUM Desa dari mangkrak menjadi tumbuh dan berkembang besar. 

Sementara pada hari kedua sesi pelatihan BUMDes, tim Bumdes.id akan menghadirkan materi yang berkaitan dengan pengembangan usaha BUM Desa antara lain:

  1. Materi pemetaan potensi dan pemilihan usaha. Pengurus BUM Desa akan diajarkan cara memilih, memetakan dan mengidentifikasi potensi usaha untuk BUM Desa sehingga nantinya dapat menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes).
  2. Materi studi kelayakan unit usaha dan business plan beserta dengan praktek langsung kertas kerja, dimana pengurus BUM Desa akan didampingi menyusun studi kelayakan usaha yang telah dipilih dan akan dikembangkan di desanya nanti. 
  3. Materi presentasi rencana usaha BUM Desa. Pengurus BUM Desa akan memaparkan rencana usaha dan mendapat feedback atau review dari pemateri/konsultan Bumdes.id.
  4. Materi pencatatan dan pelaporan keuangan menggunakan software SAAB. Materi ini menjadi penghantar pintu masuk Pengurus BUM Desa mengenal dan memahami digitalisasi keuangan BUM Desa. 

Pada setiap pelatihan BUMDes, pengurus BUM Desa yang hadir akan mendapat:

  1. sertifikat, 
  2. softcopy materi dan modul, 
  3. 4 rekaman video pelatihan, 
  4. satu buah buku “Peta Jalan BUMDes Sukses”, 
  5. free trial aplikasi SAAB selama 1 tahun
  6. Bergabung di jejaring komunitas Bumdes.id

Pelatihan BUMDes sukses ini selain diperuntukkan bagi pengurus BUM Desa, juga terbuka bagi praktisi, akademisi, sektor industri hingga masyarakat umum. 

Materi pelatihan BUMDes 2022 ini terbukti berhasil mengakselerasi BUM Desa menjadi lebih optimal dalam mengelola sumberdaya yang dimiliki. 

Materi pelatihan BUMDes 2022 yang diadakan Bumdes.id sangat relevan dengan kebutuhan pengurus BUM Desa hari ini. 

Selain persoalan eksternal dengan pandemi, BUM Desa juga menghadapi tuntutan dengan hadirnya Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Desa No 3 Tahun 2021 mengenai badan hukum BUM Desa. 

Sehingga pengurus BUM Desa perlu menyesuaikan diri dengan kehadiran payung hukum baru ini. 

Bumdes.id telah menyusun formula untuk menyelesaikan masalah BUM Desa melalui pelatihan BUMDes yang diadakan setiap bulan seperti yang dijelaskan diatas. 

Pendaftaran pelatihan BUMDes setiap bulan dapat menghubungi: 087805900800. Atau mendaftar melalui link berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *