Pelatihan BUMDes Menyelesaikan Masalah Utama Tata Kelola BUM Desa

Pelatihan BUMDes Menyelesaikan Masalah Utama Tata Kelola BUM Desa
Pelatihan BUMDes Menyelesaikan Masalah Utama Tata Kelola BUM Desa
Pelatihan BUMDes Menyelesaikan Masalah Utama Tata Kelola BUM Desa

Bumdes.id – Pelatihan BUMDes bisa menjadi salah satu cara menyelesaikan masalah utama tata kelola BUM Desa.

Berikut merupakan empat masalah utama tata kelola BUM Desa yang berkaitan dengan faktor tata kelola kelembagaan. 

Lemahnya tata kelola kelembagaan bisa disebabkan karena kurangnya pemahaman terkait dengan peraturan hukum yang berlaku dengan baik. 

Apa saja masalah-masalah yang sering ditemukan dalam tata kelola kelembagaan BUM Desa? 

Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Simak berikut merupakan hasil riset tim Bumdes.id terkait dengan empat masalah utama tata kelola BUM Desa yang sering terjadi di Indonesia. 

  1. Perangkat dan masyarakat desa tidak memahami peraturan hukum dengan baik. Masih banyak yang memahami BUM desa sebatas pada peraturan hukum yang lama yaitu Undang-Undang Desa Tahun 2014. Padahal pengaturan BUM Desa telah diatur secara khusus dalam Undang-Undang Cipta Kerja Tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 tentang BUM Desa. 
  2. Perangkat dan masyarakat desa tidak memahami filosofi desa sebagai sebuah kesatuan hukum. Desa mendapat kewenangan asas subsidiaritas dan rekognisi yang seharusnya dapat dimaksimalkan secara luas oleh pemerintah dan masyarakat desa. 
  3. Pendirian BUM Desa sekedar formalitas dan diposisikan sebagai lembaga ekonomi desa kelas dua. Pada beberapa kasus, pemerintah desa pesimis BUM Desa bisa mendorong perubahan ekonomi di desa. Pemerintah desa sudah seharusnya menjadi pihak pertama yang mendukung dan melindungi tumbuh kembang BUM Desa. 
  4. Pemerintah desa dan masyarakat desa tidak saling mendukung satu sama lain. Sehingga pendirian BUM Desa hanya memenuhi asas pendirian saja tanpa ada manfaat ekonomi bagi masyarakat.   

Empat masalah tersebut banyak ditemui pada awal-awal pendirian dan sampai didirikannya BUM Desa. 

Sehingga ketika salah satu masalah tersebut membelit BUM Desa, maka ujung akhirnya bisa ditebak bahwa BUM Desa tidak bisa berjalan dengan optimal. 

Bumdes.id memiliki berbagai pengalaman dalam menyehatkan dan mendampingi banyak BUM Desa yang berada di Indonesia. 

 Mendirikan BUM Desa yang baik harus diawali dengan pengelolaan yang sesuai dengan aturan hukum. 

Bumdes.id sampai saat ini telah banyak membantu ribuan desa mendirikan BUM Desa, mendampingi musyawarah desa hingga disahkannya peraturan desa (perdes) sebagai pijakan hukum pendirian BUM Desa. 

Materi-materi yang didapatkan peserta dalam pelatihan dan pendampingan Bumdes sangat relevan untuk menyelesaikan masalah tata kelola BUM Desa. 

Berikut materi pelatihan Bumdes:

  1. Pemahaman filosofi dan tata kelola BUM Desa pasca Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021. Materi ini akan langsung diberikan Founder Bumdes.id yaitu Rudy Suryanto, M.Acc., PhD.   
  2. Pelatihan Pemetaan Desain Thinking, Bentang Alam dan Bentang Usaha BUM Desa. Materi ini akan diberikan oleh konsultan Bumdes.id yang memiliki keahlian di bidang pemetaan usaha.
  3. Pelatihan pengelolaan sistem keuangan BUM Desa. materi ini akan diberikan oleh konsultan Bumdes.id yang memiliki keahlian di bidang keuangan. selain itu juga akan dikenalkan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB).
  4. Pelatihan pengelolaan BUM Desa Sukses. Materi ini diberikan oleh Kepala Desa atau Direktur BUM Desa yang telah sukses antara lain Lurah Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi dan Direktur BUM Desa Pendowoharjo, Agut Setyanta.
  5. Pada hari terakhir peserta akan melakukan studi lapangan ke BUM Desa sukses yang telah dipilih untuk praktek lapangan, menimba ilmu dan berdiskusi dengan pengurus BUM Desanya. 

Bagi pengurus BUM Desa, pemerintah desa, praktisi dan akademisi yang berminat bergabung dalam pelatihan Bumdes dapat menghubungi narahubung di: https://wa.me/6285772900800  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *