Cara Mengembangkan BUMDes Menjadi Berbadan Hukum

Cara Mengembangkan BUMDes Menjadi Berbadan Hukum
Cara Mengembangkan BUMDes Menjadi Berbadan Hukum
Cara Mengembangkan BUMDes Menjadi Berbadan Hukum

Bumdes.id – Berikut cara mengembangkan Bumdes menjadi berbadan hukum melalui tiga cara berikut ini. 

Salah satu cara dengan mengembangkan BUMDes melalui revitalisasi tata kelola dan kelembagaan. 

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo mengenai perbaikan BUMDes mangkrak dapat difokuskan pada revitalisasi tata kelola dan revitalisasi usaha. 

Dua hal ini dapat ditemukan petunjuk cara merevitalisasi BUMDes di Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021.

Founder Bumdes.id, Rudy Suryanto menyampaikan bahwa pedoman utama cara merevitalisasi BUMDes berada di PP 11 Tahun 2021. 

Inilah mengapa Bumdes.id memberikan pelatihan BUMDes bagi ribuan pengurus BUMDes untuk memahami filosofi dan tata kelola BUMDes Pasca terbitnya PP 11 Tahun 2021. 

Pelatihan BUMDes 2022 yang diberikan Bumdes.id bertujuan agar pengurus dan pendamping BUMDes tidak salah arah. 

Ketika banyak pengurus BUMDes mengalami salah arah, maka akan susah untuk mengembangkan bumdes dan bahkan gagal memperbaiki BUMDes mangkrak. 

Kegagalan ini akan membuat BUMDes tidak berkembang dan tidak memberikan manfaat ekonomis bagi desa. 

Lalu bagaimana cara mengembangkan BUMDes sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021? 

Maka pertama dan utama kita perlu ikuti terlebih dahulu pemahaman yang dijelaskan dalam peraturan hukum tersebut:

  1. Cara merevitalisasi BUMDes dalam ketentuan PP 11 Tahun 2021 adalah melakukan perbaikan pada tata kelola dan kelembagaan.
  2. PP 11 Tahun 2021 mengatur proses penyusunan musyawarah desa, pembentukan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga BUMDes, penyusunan rencana strategis dan pengesahan Peraturan Desa (Perdes). 

Materi-materi ini setiap bulannya diberikan dalam pelatihan BUMDes dalam Sekolah BUMDes di Nogotirto Sleman yang dihelat oleh Bumdes.id.

  1. Cara merevitalisasi BUMDes selanjutnya dalam ketentuan PP 11 Tahun 2021 adalah menyusun prosedur keuangan atau biasa disebut dengan standar operational procedure (SOP) keuangan. 
  2. Cara merevitalisasi BUMDes selanjutnya adalah mendaftarkan BUMDes menjadi badan hukum melalui pendaftaran di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan juga Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Bagaimana cara mendaftarkan badan hukum BUMDes?

Cara mengembangkan BUMDes menjadi berbadan hukum perlu disiapkan beberapa hal, terutama proses revitalisasi di bidang tata kelola dan kelembagaan:

  1. BUMDes telah didirikan melalui musyawarah desa, mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, serta memiliki dokumen Peraturan Desa (Perdes). Dokumen-dokumen ini akan menjadi dokumen pelengkap ketika melakukan pendaftaran sertifikat badan hukum BUMDes.
  2. BUMDes memiliki dokumen perencanaan strategis, dokumen anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta memiliki SOP laporan keuangan sesuai dengan PP 11 Tahun 2021.
  3. Nantinya dokumen ini akan menjadi dokumen pendaftaran untuk mengajukan pendaftaran sertifikat badan hukum BUDMes.

Jika memiliki kesulitan dalam proses pendaftaran badan hukum BUMDes dapat menghubungi Bumdes.id untuk mengikuti pelatihan BUMDes.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *