Kebangkitan Ekonomi Paska Pandemi

Kebangkitan Ekonomi Paska Pandemi
Kebangkitan Ekonomi Paska Pandemi
Kebangkitan Ekonomi Paska Pandemi

Bumdes.id – Arahan Presiden Jokowi untuk boleh tidak memakai masker di ruang terbuka, merupakan suatu penanda terjadi pergeseran “situasi masa pandemi” ke “situasi endemi”.

Bakal terjadi perubahan besar lagi. Setelah 2.5 Tahun dikepung pandemi dan dipaksa dengan berbagai kebiasaan baru seperti pakai masker.

Tidak boleh berkumpul, dibiasakan pakai zoom, maka diantara kebiasaan itu akan ada yang bertahan dan bakal ada yang ditinggalkan.

Habis pandemi bukan berarti kita boleh tenang-tenang saja. Ancaman Tsunami Inflasi dan gangguan rantai pasok makanan, sudah mulai kita rasakan. 

Harga-harga kebutuhan pokok merangkak naik, dan beberapa komoditas mulai langka di pasaran.

Apa Langkah Antisipasi Kita ?

Pertama, kita perlu mendukung penuh Kolaborasi Pentahelix untuk memajukan Desa, seperti yang digagas Kemendesa PDTT, UGM dan didukung oleh CBT Balkondes, Menoreh Adventure, Bumdes.id dan BNI, untuk meluncurkan Galeri Ekonomi dan Investasi Desa.

Apa itu Galeri Ekonomi dan Investasi Desa ? Yaitu tempat bertemunya berbagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan Transaksi dan Investasi di Desa. Bahasa populernya adalah Ekosistem Ekonomi Digital Desa. 

Kedua, perlu langkah yang konsisten, serius dan berkelanjutan untuk membangun Ketahanan Pangan dari Desa. Ancaman Tsunami Inflasi hanya bisa ditekan dengan membangun sabuk-sabuk Ekonomi Lokal. 

Supaya perang Rusia-Ukraina yang berkepanjangan tidak berimbas pada pemenuhan kebutuhan pokok di Desa, karena kita tidak impor tetapi makan dari apa yang kita tanam sendiri. Makan apa yang kita tanam. Tanam apa yang kita makan.

Ketiga, upaya membangun Ekosistem Ekonomi Digital di Desa perlu melibatkan multi pihak, yang sering kami sebut ABCGFM – Academics Business Communities Government Facilitator & Media. Kolaborasi Kampus Bumdes dan Dunia Usaha Dunia Industri perlu dilanjutkan dan diperkuat.

Keempat – Revitalisasi BUMDes harus terus ditingkatkan. Revitalisasi BUMDes bukan sekedar ganti Pengurus dan Mengurus Sertifikat Badan Hukum. Lebih penting daripada itu adalah Revitalisasi Usaha BUMDes. Supaya Usaha BUMDes bisa berkelanjutan dan benar-benar memberikan manfaat nyata ke masyarakat.

Empat Pilar tersebut – Kolaborasi Pentahelix ABCGF – Ekosistem Ekonomi Digital – Ketahanan Pangan dari Desa dan Revitalisasi BUMDes merupakan kata kunci untuk mempercepat kebangkitan Ekonomi Desa Paska Pandemi.

Bersamaan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Indonesia Ke-114, semoga semangat untuk berpikir besar dan jauh kedepan, bermimpi Global dan Berakar Lokal, menjadi Momentum bagi Desa-Desa kembali lagi ke Jatidiri, bahwa Nasib Desa tidak akan berubah kecuali oleh upaya bersama Masyarakat dan Pemerintah Desanya sendiri. 

Salam Bumdes, Terus Bergerak Jangan pernah lelah mencintai Desa, karena Desa adalah Masa Depan Indonesia. 

Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *