Daftar BUMDes Sukses Melalui Pelatihan Bumdes

Daftar BUMDes Sukses Melalui Pelatihan Bumdes
Daftar BUMDes Sukses Melalui Pelatihan Bumdes
Daftar BUMDes Sukses Melalui Pelatihan Bumdes

Bumdes.id – Berikut daftar Bumdes yang telah sukses menjadi penggerak ekonomi desanya karena salah satunya melalui pelatihan Bumdes. 

Pelatihan Bumdes bisa berguna untuk mengembangkan tata kelola Bumdes agar bisa menjadi penggerak ekonomi desa. 

Menjadi Bumdes sukses bisa diwujudkan melalui pelatihan dan pengembangan yang tepat.  

Berikut daftar BUMDes sukses berkat mengikuti pelatihan BUMDes:

A.BUMDes Kemudo Makmur

Badan usaha milik Desa Kemudo Prambanan ini mengikuti training of trainer (TOT) yang diadakan Bumdes.id untuk revitalisasi peran BUMDes.

Pada awal berdiri BUMDes Kemudo Makmur belum terlalu signifikan dalam mengoptimalkan sektor-sektor unggulan desa.

Namun setelah mendapat pendampingan dari Bumdes.id dan PT. Sarihusada, kini BUMDes Kemudo makmur memiliki toko supermarket Kamajaya Mart yang menjadi ujung tombak distribusi UMKM.

Memiliki industri handicraft pengolahan limbah, melahirkan banyak pengusaha-pengusaha UMKM baru dari tingkat RT, RW hingga desa dan bahkan memasok produk-produk UMKM ke supermarket seluruh Kabupaten Klaten. 

B.BUMDes Panggungharjo Sewon Bantul

Desa Panggungharjo Sewon Bantul terkenal dengan Kampung Mataram sebagai destinasi wisata kuliner yang menggabungkan antara sejarah, budaya hingga eksotisme desa.

Panggungharjo adalah desa awal yang memperoleh pelatihan BUMDes dari Bumdes.id.

Kini Panggungharjo memiliki sistem asuransi desa, beasiswa desa hingga menjadi pusat percontohan desa nasional dan internasional. 

C.BUMDes Amarta Pandowoharjo

Letak BUMDes Amarta di Desa Pandowoharjo, desa ini terkenal dengan destinasi kolam renang, optimalisasi sektor pertanian padi dengan kelompok gapoktan, mendirikan toko desa hingga mengembangkan sektor peternakan. BUMDes Amarta juga termasuk badan usaha yang mendapat pendampingan dari Bumdes.id dan berhasil mengoptimalkan sektor-sektor unggulan desa. 

BUM Desa yang telah mengikuti pelatihan Bumdes terbukti mampu mengembangkan unit usahanya.

Salah satu masalah utama yang dihadapi pengurus BUM Desa adalah kebingungan menghadapi aturan hukum terbaru. 

Aturan yang dimaksud adalah Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2021 yang melakukan penyempurnaan dari dua aturan hukum sebelumnya mengenai badan usaha milik desa, yatitu Undang-Undang Desa Tahun 2014 dan juga Undang-Undang Cipta Kerja Tahun 2020.

Selain masalah di atas, BUM Desa dan desa juga berhadapan dengan sulitnya melakukan pemetaan potensi usaha.

Sehingga kecenderungan untuk mengadopsi atau meniru usaha lain menjadi semakin besar. Berikut daftar masalah-masalah utama badan usaha milik desa atau Bumdes yang perlu diselesaikan:

  1. Pemahaman mengenai payung hukum terbaru yaitu Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 yang menjelaskan prosedur baku badan hukum BUMDes, tata kelola BUMDes hingga SOP Laporan keuangan BUMDes. Masih banyak pengurus BUMDes yang terpatok pada peraturan lama yaitu Undang-Undang Desa 2014 dan Undang-Undang Cipta Kerja 2020. 
  2. Pengurus BUMDes dan Perangkat desa belum terlatih dalam memetakan potensi sektor-sektor unggulan desa, sehingga masih cenderung meniru desa lain. Padahal setiap desa memiliki potensi yang berbeda untuk dikembangkan.
  3. Banyak desa mendirikan badan usaha, tetapi kemudian terbengkalai tidak ada yang mengurus. BUMDes hanya berdiri di atas kertas dan tidak melakukan kegiatan usaha apapun. 
  4. Pengurus BUM Desa tidak memiliki kemampuan dalam menyusun laporan keuangan desa. Sehingga pengguna laporan keuangan atau anggaran desa kesulitan untuk mengawasi operasional badan usaha milik desa. 

Masalah-masalah di atas sejatinya dapat diselesaikan melalui pelatihan bumdes, training of trainer (tot) pendamping bumdes atau inkubasi sekolah bumdes. 

Bumdes.id sebagai aggregator dan komunitas BUMDes terbesar di Indonesia mengundang pengurus BUMDes untuk mengikuti pelatihan bumdes yang diadakan secara online via zoom pada tanggal 21-22 April 2022.

Pelatihan Bumdes yang digelar Bumdes.id ini memiliki beberapa alumni pengurus BUMDes yang terbukti sukses dalam meningkatkan skala usahanya. 

Bergabung bersama BUMDes-BUMDes sukses di atas akan membantu desa-desa menyelesaikan masalah ekonomi dan menaikkan tingkat kesejahteraan masyarakat desa. 

Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Bumdes.id mengundang para pengurus bumdes, perangkat desa, akademisi dan praktisi keuangan yang tertarik dengan pendampingan desa dapat bergabung ke dalam pelatihan bumdes 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *