Pendampingan Cluster BUMDes Kelurahan Bimomartani

Pendampingan Cluster BUMDes Kelurahan Bimomartani
Pendampingan Cluster BUMDes Kelurahan Bimomartani

Bumdes.id – Tim Bumdes.id mengadakan pendampingan cluster Bumdes kelurahan pertemuan ke enam pada Selasa 26 April 2022 lalu.  

Pendampingan ini dihadiri oleh Ketua Pokdarwis dan Pengurus PKK Kelurahan Bimomartani sedangkan tim konsultan Bumdes.id diwakili oleh Adelia Sulistyani, S.Ak 

Pelatihan Teknis Tata Kelola Keuangan dilaksanakan di wilayah Dalem Sosroharjan, Kelurahan Bimomartani.

Tim konsultan Bumdes.id melaksanakan pendampingan Cluster BUM Desa Bimo Makmur Kalurahan Bimomartani Dinkop dan UKM Sleman. 

Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Pendampingan ini merupakan pendampingan terakhir dalam rangkaian pendampingan Cluster BUM Desa Bimo Makmur dengan materi berupa tata kelola keuangan. 

Perlu diketahui pendampingan dan pelatihan teknis dengan materi fokus pada keuangan merupakan tindak lanjut dari rangkaian pendampingan sebelumnya. 

Selain itu, pendampingan diawali dengan tahap pemetaan transaksi penerimaan dan transaksi pengeluaran untuk unit pasar desa dan unit wisata. 

Melalui pemetaan tersebut, diperoleh hasil berupa alur penerimaan terdiri dari transaksi penyertaan modal desa.

Transaksi pendapatan retribusi parkir, transaksi pendapatan retribusi wisata, dan transaksi retribusi dari lapak UMKM. 

Selanjutnya, untuk alur pengeluaran dipetakan menjadi beberapa transaksi diantaranya yaitu transaksi pembayaran biaya operasional berupa biaya listrik, biaya bahan baku, biaya kebersihan, dan biaya gaji. 

Pendampingan dilanjutkan dengan pemaparan tahap penatausahaan keuangan melalui identifikasi transaksi berdasarkan alur penerimaan dan alur pengeluaran. 

Tim konsultan mendampingi para peserta yang hadir untuk mengidentifikasi transaksi berdasarkan alur.

Dan mendampingi untuk memindahkan transaksi yang sudah diidentifikasi ke buku kas sampai dengan tahap penyusunan Laporan Realisasi Anggaran. 

Salah satu anggota Bumdes Bimo Makmur memaparkan bahwa pencatatan keuangan bagi BUM Desa memang hal penting yang perlu menjadi perhatian, mengingat dengan adanya pencatatan keuangan yang baik maka dapat tersusun laporan keuangan yang kredibel. 

Namun, terkait dengan pengelolaan keuangan mungkin akan menemukan lebih banyak masalah kompleks apabila unit sudah mulai beroperasi. 

Maka, pendampingan keuangan ini bisa menjadi bekal bagi BUM Desa ketika akan melakukan pencatatan keuangan BUM Desa kedepannya.  

Melalui pendampingan tata kelola keuangan ini diharapkan dapat menjadi sebuah awalan bagi BUM Desa untuk mempersiapkan pencatatan keuangan yang baik ketika unit wisata sudah mulai beroperasi. 

Sehingga, penatausahaan melalui pemisahan transaksi berdasarkan alur penerimaan dan alur pengeluaran dapat tertata dengan baik sampai dengan tahap penyusunan laporan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *