4 Alasan Mengikuti TOT Pendamping BUMDes Offline Juni 2022

4 Alasan Mengikuti TOT Pendamping BUMDes Offline Juni 2022
4 Alasan Mengikuti TOT Pendamping BUMDes Offline Juni 2022
4 Alasan Mengikuti TOT Pendamping BUMDes Offline Juni 2022

Bumdes.id – Training of Trainers (TOT) Pendamping BUMDes yang biasanya diadakan di sekolah Bumdes Nogotirto Sleman kali ini dilakukan melalui tatap muka. 

Seiring dengan terkendalinya kasus Covid-19, pemerintah Indonesia sudah memperbolehkan acara-acara dan pelatihan digelar secara terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana mestinya.

Kesempatan ini bisa anda manfaatkan untuk mengikuti TOT Pendamping BUMDes Angkatan 35 yang akan diadakan pada 23-25 Juni 2022 bertempat di Sekolah BUMDes Sleman Yogyakarta. 

Lokasi Sekolah BUMDes dapat dijangkau dengan mudah melalui aneka transportasi seperti bus, kereta api, pesawat udara hingga kendaraan pribadi. 

Pada angkatan-angkatan sebelumnya, Peserta TOT Pendamping BUMDes tidak hanya diikuti mereka yang berasal dari Pulau Jawa. 

Melainkan juga berasal dari luar Pulau Jawa seperti Medan, Lampung, Sumbawa, Bali dan bahkan dari Maluku dan Papua. 

Kesempatan emas ini bisa ditangkap oleh pengurus BUMDes, pegiat desa, perangkat desa, dan bahkan praktisi dari kalangan industri. 

Tiga angkatan berturut-turut sebelumnya juga banyak praktisi atau manajemen industri yang mengikuti TOT Pendamping BUMDes. 

Karena berkepentingan untuk menyusun corporate social responsibility (CSR) yang akan menyasar dengan desa dan BUMDes. 

Nah, kenapa sih TOT Pendamping BUMDes ini sangat penting diikuti oleh pengurus BUMDes, pegiat desa. 

Hingga praktisi-praktisi dunia industri yang terkait erat dengan desa. Setidaknya ada empat alasan:

  1. TOT Pendamping BUMDes akan memberikan wawasan mendasar bagi peserta mengenai filosofi BUMDes dan bahkan revitalisasi BUMDes yang menjadi concern Presiden Joko Widodo serta diatur dalam Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021. Selain itu peserta juga akan diberikan materi mengenai proses penyusunan pemetaan potensi desa dan usaha desa. 
  2. Kemudian dalam TOT Pendamping BUMDes juga akan diajarkan mengenai SOP tata kelola keuangan BUMDes. Menarik nih, bagi praktisi industri yang ingin mengetahui laporan keuangan BUMDes sebagai basis data pengambilan keputusan. Selain itu juga menjadi materi penting bagi pengurus BUMDes agar bisa menyusun laporan keuangan BUMDes dengan baik. Bahkan peserta juga akan diberikan materi menyusun laporan keuangan dengan aplikasi bernama Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB), Menarik bukan? Jadi nanti pengurus BUMDes tidak perlu menyusun laporan keuangan secara manual tetapi sudah otomatis. 
  3. Pada tahapan selanjutnya, TOT Pendamping BUMDes juga akan diberikan materi sharing session dari Direktur-Direktur BUMDes Sukses. BUMDes Sukses adalah sebutan bagi BUMDes yang berhasil mengelola kelembagaan dan unit usaha dengan baik. Apa saja indikator? Salah satunya memiliki sertifikat badan hukum, tata kelola yang baik, unit usaha terkelola dengan baik dan omset usaha yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Sharing session ini bagi pengurus BUMDes bisa memberikan motivasi, sementara bagi praktisi industri dan akademisi bisa menjadi bahan penyusunan target pendampingan CSR dari perusahaan. 

Nah, demikian empat alasan kenapa harus mengikuti TOT Pendamping BUMDes Offline. 

TOT ini dapat diikuti oleh siapa saja yang berkepentingan dengan pengelolaan BUMDes dan desa. Tidak hanya Pengurus BUMDes dan perangkat desa saja.

Akademisi dan praktisi industri dan bahkan mahasiswa dengan konsentrasi pembangunan desa juga diperbolehkan. 

Silakan mendaftar TOT Pendamping BUMDes Bulan Juni melalui link berikut: 

learning.co.id/daftar/totbatch35 atau kontak telepon: 0878-0590-0800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *