Cara Daftar BUMDes 2022

Cara Daftar BUMDes 2022
Cara Daftar BUMDes 2022
Cara Daftar BUMDes 2022

Bumdes.id – Berdasarkan peraturan terbaru BUMDes harus memiliki sertifikat badan hukum dan berikut cara mendaftar BUMDes 2022. 

Status badan hukum BUMDes telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 mengenai BUMDes. 

Payung hukum ini mengatur cara daftar BUMDes 2022 agar mendapat sertifikat badan hukum. 

Apa keuntungan memiliki sertifikat badan hukum ketimbang tidak memiliki?

Berikut perbandingan BUMDes yang memiliki sertifikat badan hukum dan yang tidak memiliki:

  1. Ketika BUMDes memiliki sertifikat badan hukum, itu artinya BUMDes telah memiliki legalitas dari negara. Sertifikat badan hukum dari Kemendes PDTT dan Kemenkumham setara dengan akta notaris dalam PT maupun koperasi.
  2. Sementara BUMDes yang belum memiliki sertifikat badan hukum didorong untuk memilikinya melalui cara daftar BUMDes 2022 di sistem Kemendes PDTT dan Kemenkumham. 
  3. BUMDes yang memiliki sertifikat badan hukum memiliki kesempatan yang luas dalam membuka rekening bank di bank-bank BUMN atas nama BUMDes. Jadi bukan lagi menggunakan atas nama pengurus atau desa. Hal ini akan memudahkan dalam proses kerjasama dengan investor, pihak industri dan bahkan payroll penggajian karyawan BUMDes. Bayangkan jika BUMDes memiliki banyak unit usaha dengan ratusan karyawan dan memerlukan sistem penggajian yang efektif. Maka penggunaan rekening tabungan atas nama BUMDes akan memudahkan proses ini.
  4. BUMDes yang memiliki sertifikat badan hukum memiliki kemudahan dalam mengurus ijin-ijin usaha yang menaungi unit usahanya. Misalnya unit usaha BUMDes akan membuat sertifikat halal, pendaftaran merek, pembuatan PIRT kemasan rumah tangga dan pelatihan-pelatihan dari UMKM. Maka sertifikat badan hukum akan memudahkan proses pendaftaran ini. 

Lalu, bagaimana cara daftar BUMDes 2022 sesuai dengan peraturan dalam sistem Kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. 

Baca Juga: Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Pengurus BUMDes yang ingin memiliki dan mendaftarkan sertifikat badan hukum BUMDes dapat mengikuti tahapan sebagai berikut ini:

  1. Pastikan BUMDes sudah dirikan melalui musyawarah desa (Musydes) dan memiliki legal hukum berupa Peraturan Desa (Perdes) pendirian BUMDes. Aturan ini tertuang secara jelas dalam Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 mengenai BUMDes.
  2. Jika BUMDes belum didirikan dengan cara seperti di atas. Maka calon pengurus BUMDes dan perangkat desa dapat menghubungi Bumdes.id untuk dibantu dan didampingi proses dan prosedur tata cara pendirian BUMDes. Mulai dari pembuatan anggaran dasar, anggaran rumah tangga, format Musyawarah Desa hingga format Peraturan Desa. Dokumen-dokumen legal hukum ini adalah dokumen yang diperlukan dan wajib ada ketika mengikuti cara daftar bumdes 2022. 
  3. Calon pengurus BUMDes yang akan mengikuti musyawarah desa dan disahkan dalam peraturan desa wajib memahami filosofi dan segala ketentuan BUMDes dalam Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021. Karena nantinya ketika sertifikat hukum BUMDes telah keluar, segala payung hukum BUMDes menginduk pada PP 11 Tahun 2021. Jadi, pengurus BUMDes harus paham nih isi semua peraturan tersebut. 
  4. Selanjutnya dokumen-dokumen diatas dilampirkan dalam proses pendaftaran badan hukum BUMDes di website Kementerian Desa PDTT.

Berminat megikuti pelatihan Bumdes bisa menghubungi kontak 0857-7290-08000878-0590-0800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *