Contoh Rencana Bisnis Bumdes Untuk Pengembangan Usaha

Contoh Rencana Bisnis Bumdes Untuk Pengembangan Usaha
Contoh Rencana Bisnis Bumdes Untuk Pengembangan Usaha

Bumdes.id – Rencana Bisnis BUMDes merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mempersiapkan BUMDes memiliki unit usaha yang stabil dan berkelanjutan. 

Contoh Rencana Bisnis akan membantu pengurus BUMDes mempersiapkan potensi usaha. 

Potensi pengembangan produk unggulan hingga mempersiapkan peta jalan usaha.

Pada konteks contoh rencana bisnis BUMDes, pengurus BUMDes akan mempelajari studi kelayakan usaha (feasibility studies) untuk menciptakan satu usaha bisnis berkelanjutan. 

Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 mengatur kewajiban pengurus BUMDes untuk membentuk program kerja BUMDes, program kerja meliputi operasional kerja BUMDes dan rencana pendirian usaha.

Lalu, bagaimana cara meyusun rencana bisnis dan usaha BUMDes?

Pertama-tama, sebelum menyusun contoh rencana bisnis BUMDes, pengurus BUMDes harus memahami mengenai potensi bentang alam dan potensi bentang hidup desa. 

Dua potensi bentang ini akan memudahkan dalam menyusun contoh rencana bisnis BUMDes dari proses awal hingga proyeksi keuntungan.

Beberapa contoh potensi bentang alam yang bisa masuk klasifikasi yakni wisata desa, bahan baku dan air atau udara bersih. 

Misalnya jika sebuah desa memiliki mata air yang banyak bisa masuk menjadi potensi bentang alam yang akan menjadi contoh rencana bisnis BUMDes. 

BUMDes nantinya bisa mengelola penyaluran air bersih untuk warga atau menjual minuman kemasan dengan meningkatkan nilai jual kepada masyarakat umum. 

Selain contoh mata air, potensi bentang alam lain seperti adanya bahan baku yang menjadi produk unggulan desa. 

Seperti adanya tambang garam bagi desa-desa di pesisir pantai bisa menjadi contoh rencana bisnis BUMDes. 

BUMDes bukan hanya mendirikan usaha tetapi juga menyiapkan peta jalan rencana bisnis dalam jangka panjang untuk membuka rantai pasokan penjualan dan menyerap tenaga kerja bagi penduduk desa. 

Kemudian pada contoh rencana bisnis bumdes selanjutnya, selain mengidentifikasi bentang alam juga bisa mengidentifikasi potensi bentang hidup. 

Potensi bentang hidup desa yang meliputi bentang sosial budaya (meliputi sejarah desa, budaya masyarakat, mata pencaharian penduduk, pengelolaan BUMDes dan hubungan antar lembaga). 

Sementara bentang hidup desa juga meliputi bentang ekonomi (seperti usia produktif dan golongan ekonomi).

Nantinya desa bisa membuka misalnya unit usaha yang berkaitan dengan sejarah dan budaya desa. 

Membangun paket wisata lengkap untuk belajar kesenian dan kebudayaan desa atau jelajah sejarah desa. 

Ini bisa menjadi contoh rencana bisnis bumdes yang menghasilkan pendapatan bagi desa.

Bagaimana langkah menyusun contoh rencana bisnis BUMDes?

Contoh rencana bisnis BUMDes dapat menggunakan struktur seperti ini:

  1. Menyusun rencana studi dan kelayakan pada poin potensi dan masalah, Contohnya sebagai berikut: Potensi desa yang ada disusun kemudian di bagian selanjutnya daftar masalah desa disusun. Kemudian hal ini akan menjadi landasan menyusun rencana studi dan kelayakan.
  2. Contoh rencana bisnis BUMDes selanjutnya adalah menyusun 6 klaster usaha yang akan didirikan sebagai unit usaha BUMDes. Enam klaster usaha yang bisa dipilih meliputi: wisata, sampah, air bersih, pangan, perdagangan dan jasa keuangan.

Jika masih bingung dengan penyusunan contoh rencana bisnis BUMDes.

Maka dapat mengikuti Training of Trainers (ToT) Pendamping BUMDes oleh bumdes.id setiap bulannya (reguler). 

Anda bisa melakukan reservasi dan bisa bertanya lebih dulu melalui kontak Tim Bumdes.id melalui 0857-7290-08000878-0590-0800

Download File RAB Pelatihan Bumdes.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *