FGD Penguatan Pelembagaan Bumdes di Hari Lingkungan Hidup Sedunia Bersama Dirjen PPKL

FGD Penguatan Pelembagaan Bumdes di Hari Lingkungan Hidup Sedunia Bersama Dirjen PPKL

"<yoastmark

Bumdes.id – Tim Bumdes.id mengikuti Forum Group Discussion FGD penguatan pelembagaan Bumdes di Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

FGD ini merupakan kerjasama antara Bumdes.id dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sekitar 100 orang yang terdiri dari unsur kelompok masyarakat desa, kepala desa, BPD, Bumdes, Camat, Dinas Lingkungan Hidup yang berasal dari:

-Kab. Landak Kalimantan Barat, 

-Kab. Paser Kaltim, Kab. Bengkulu, 

-Kab. Dharmasraya Sumbar, 

-Kab. Padang Sumbar, 

-Kab. Belitung, 

-Kab. Gunung Kidul Yogyakarta, 

-Kab. Malang jatim, dan Kab. Kuningan Jabar.

Dalam FGD ini diisi juga materi dari konsultan senior Bumdes.id yakni Khatami Angga Kusumah, S.Ak yang membahas terkait Penguatan Kelembagaan Bumdes.

Selain itu materi juga diberikan langsung oleh Agus Edi Winarto alumni ToT pendamping Bumdes yang diadakan oleh Bumdes.id terkait dengan Pengelolaan Manajemen Bumdes. 

Acara FGD berlangsung di kawasan Ekowisata Cisantana Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat Pada Tanggal 5 Juni 2022 lali.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 dibuka oleh Direktur Jenderal PPKL, PT. Antam, dan Kementerian PDTT. 

Hari pertama diisi oleh Kementrian PDTT, Kementerian LHK, PT. Antam dan perwakilan dari desa wilayah Gunung Kidul, Kuningan dan Landak. 

Setelah selesai kegiatan di Desa Cisantana, pada pukul 20.00 dilanjutkan diskusi dengan Kab. Malang membahas kelembagaan pengelolaan LAT. 

Pada Tanggal 6 Juni 2022 dilanjutkan dengan FGD yang diisi oleh Tim Konsultan Bumdes.id. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 di Desa Cisantana. 

Tim konsultan dari Bumdes.id memberikan pemaparan materi yang tertera dalam rundown, setelah itu melakukan diskusi dengan peserta. 

Setiap peserta menyampaikan kendala dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan. kendala yang mereka hadapi adalah kelembagaan dan tata kelola manajemen Bumdes. 

Tim Konsultan memberikan tanggapan dan solusi terkait permasalahan yang dihadapi pengelola yaitu Bumdes harus memiliki sertifikat badan hukum terlebih dahulu.  

Pada Tanggal 7 Juni 2022 kegiatan diisi oleh Kelompok Masyarakat Cisantana dan Peserta diajak keliling ke objek wisata yang ada di Desa Cisantana. 

Baca Juga: Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Tindak Lanjut dari peserta ingin mendapatkan pendampingan dari Bumdes.id, tim merekomendasikan untuk koordinasi terlebih dahulu dengan Ditjen PPKL

Desa yang terdampak oleh kegiatan tambang diberi kewenangan untuk mengelola LAT (Lahan Akses Terbuka), akan tetapi mereka masih kesulitan dalam pengelolaan kelembagaanya. 

Begitulah acara forum Group Discussion FGD penguatan pelembagaan Bumdes di Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang bekerjasama dengan Dirjen PPKL.

Bila berminat megikuti pelatihan Bumdes bisa menghubungi kontak 0857-7290-08000878-0590-0800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *