Modul Pelatihan BUMDes

Modul Pelatihan BUMDes

"<yoastmark

Bumdes.id – Berikut modul pelatihan BUMDes yang bisa berguna untuk meningkatkan kualitas SDM pengurus BUMDes.

Pelatihan BUMDes merupakan salah satu sarana dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (pengurus) BUMDes. 

Melalui sarana pelatihan ini, pengurus BUMDes diharapkan dapat memahami tata kelola BUMDes dari:

  • Sisi kelembagaan,
  • Tata kerja,
  • Standar operasional procedure (SOP) hingga penataan keuangan.

Pada pelatihan, modul-modul pelatihan BUMDes biasanya berbasis pada peraturan terbaru yaitu Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021. 

Pada peraturan ini, peningkatan kapasitas difokuskan pada pengelolaan kelembagaan, pengelolaan unit usaha.

Pemetaan potensi untuk mengembangkan sektor-sektor unggulan desa serta pengelolaan keuangan BUMDes yang akuntabel, transparan dan berkesinambungan. 

Pelatihan BUMDes sebagai sarana peningkatan kualitas bisa juga diikuti oleh pemangku kepentingan di luar pengurus BUMDes. 

Misalnya kepala desa, anggota BPD, direksi perusahaan yang memiliki kepentingan kerjasama dengan BUMDes. 

Baca Juga: Pelatihan BUM Desa [ Badan Usaha Milik Desa ] 2022

Penasehat hukum bidang desa hingga aparatur pemerintah di luar sektor perdesaan juga dapat mengikuti pelatihan BUMDes.

Pada pelatihan yang diselenggarakan Bumdes.id, modul-modul pelatihan BUMDes dapat terbagi ke dalam tiga materi besar: Pertama, materi yang berkaitan dengan pemahaman filosofi hukum peraturan BUMDes. 

Kedua, materi yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia, sumber daya alam, pemetaan potensi unggulan hingga pengembangan produk. 

Ketiga, materi yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan BUMDes serta pihak-pihak terkait. 

Misalnya penyertaan modal dan aset dari desa, pengelolaan laporan keuangan sesuai standar PP 11 Tahun 2021 dan penggunaan sistem aplikasi akuntansi BUMDes

Modul-modul pelatihan BUMDes yang diberikan Bumdes.id dapat berbentuk pdf, rekaman (record) jika melalui zoom. 

Kertas kerja yang dapat menjadi pedoman kerja menyusun musyawarah desa, peraturan desa, proyeksi kegiatan dan usaha BUMDes serta adanya buku pendamping berjudul “Peta Jalan BUMDes Sukses” karya Founder Bumdes.id, Rudy Suryanto, M.Acc., Ph.D.

Buku Peta Jalan BUMDes Sukses sendiri akan diberikan satu-satu bagi peserta pelatihan BUMDes yang diselenggarakan Bumdes.id. 

Modul ini bisa menjadi motivasi ketika melihat desa-desa lain bisa dan mampu meningkatkan BUMDes mereka dan bekerja untuk kesejahteraan masyarakat desa. 

Informasi dan sharing komunitas desa dan BUMDes diperlukan bagi BUMDes-BUMDes yang sedang berjuang untuk maju dan berkembang. 

Karena dengan bergabung dalam komunitas dan sharing informasi, maka pengurus BUMDes dapat terpacu dan termotivasi untuk mengembangkan BUMDes seperti desa-desa lainnya yang telah sukses.

Selain modul-modul pelatihan BUMDes di atas, Bumdes.id juga bisa memberikan materi-materi presentasi dari Kepala Desa dan Direktur BUMDes yang diundang dalam webinar Bumdes.id 

Maupun Training of Trainers (ToT) BUMDes yang diadakan setiap akhir bulannya. Bagi anda yang ingin mendapatkan modul-modul pelatihan BUMDes pada ToT Pendamping BUMDes, maka dapat menghubungi Bumdes.id.

Berminat megikuti pelatihan Bumdes bisa menghubungi kontak 0857-7290-08000878-0590-0800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *