Pendampingan Klaster Tata Kelola Kelembagaan BUMDes Makmur Sidomoyo

Pendampingan Klaster Tata Kelola Kelembagaan BUMDes Makmur Sidomoyo
Pendampingan Klaster Tata Kelola Kelembagaan BUMDes Makmur Sidomoyo

Bumdes.id – Tim Bumdes.id mengadakan pendampingan kluster tata kelola kelembagaan BUMDes Makmur Sidomoyo pada 22 Juni 2022 kemarin. 

Total Peserta yang mengikuti acara pendampingan ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari unsur:

  • Pemdes,
  • BPD,
  • Tokoh Masyarakat,
  • Perwakilan kecamatan daerah sekitar.

Tim narasumber dari Bumdes.id yakni konsultan senior Bumdes yakni Khatami Angga Kusumah, S.Ak.

Acara pendampingan klaster ini berlokasi di Sirkuit Forlantas Sidomoyo yang tepatnya berada di Jl. Bonthit, Area Sawah, Sidomoyo, Kec. Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 5526. 

Acara berjalan dengan lancar, meskipun terkendala proyektor karena berlokasi outdoor sehingga layar tidak terlihat akan tetapi peserta masih semangat mendengarkan materi dari narasumber. 

Tim membagikan materi melalui WAG agar setiap peserta bisa membaca melalui HP masing-masing.

Secara umum diskusi berjalan dengan interaktif, peserta sangat aktif berdiskusi mengenai tata kelola kelembagaan Bumdes.

Acara ini merupakan wujud kerjasama antara Bumdes.id dan Dinas Koperasi dan UKM Sleman sekaligus nantinya akan melanjutkan pendampingan.

Pendampingan lanjutan nantinya akan membahas tentang penyusunan rencana program kerja yang telah disusun sebelumnya.

Salah satu kendala yang dihadapi dan perlu diselesaikan yakni BUMDes belum memiliki Perdes, AD dan ART yg sesuai dengan PP 11 th 2021 dan permendesa no 3 tahun 2021 sehingga perlu pendampingan dalam penyusunannya.

Begitulah acara pendamping cluster tata kelola untuk BUMDes Makmur sidomoyo yang merupakan kerjasama antara Bumdes.id bersama dengan Dinas Koperasi Sleman.

Apabila tertarik untuk mengikuti pendampingan bisa bertanya secara langsung melalui kontak Tim Bumdes.id yakni 0857-7290-08000878-0590-0800

Download File RAB Pelatihan Bumdes.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *