Training of Trainers Pendamping BUMDes Angkatan 35 Juni 2022

Training of Trainers Pendamping BUMDes Angkatan 35 Juni 2022
Training of Trainers Pendamping BUMDes Angkatan 35 Juni 2022

Bumdes.id – Training of Trainers Pendamping BUMDes Angkatan 35 dilakukan pada tanggal 23 juni 2022.

Training of Trainers Pendamping Bumdes Angkatan 35 diikuti oleh 5 peserta yang datang dari bermacam-macam desa. 

TOT bumdes dilakukan secara offline di hari terakhir melakukan kunjungan yakni mengunjungi BUMDes Tridadi Makmur, Sleman, DIY.

Daftar peserta yang mengikuti TOT 35 Sebagai berikut ini: 

  1. Universitas Surabaya Grace Felicia Djayapranata, S.E., MBA., CMA (USA) Marwin Antonius Rejeki Silalahi, S.E., MBA., CRP., CSA.,
  2. TPP Kecamatan Batang  Fatkhurrozaq,
  3. Desa Denasri Kulon Sugiarto,
  4. dan Desa Pasekaran Muhammad Tasyakur Sudiyono Suseno,
  5. Terakhir Desa Cepokokuning Usmanto Ipung Dasmui     

Pengisi materi untuk acara TOT Bumdes Angkatan 36 ini adalah Fandi Galang wicaksana, Aditya Candra, R Ayu N Camalia, Agus Setyanta Meravi.id dan BUMDes Tridadi Makmur. 

Acara berjalan dengan lancar, peserta interaktif dan diskusi berjalan secara 2 arah, antusiasme dari peserta juga sangat tinggi karena ada peserta yang akan menjadi calon direktur bumdes.

Training of Trainers Pendamping dan Pengurus BUMDes memiliki beberapa kurikulum pelatihan yang menarik sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman kepada pendamping dan pengurus BUMDes mengenai filosofi, tata kelola, kelembagaan.Serta aturan-aturan hukum terkait yang berhubungan dengan subyek hukum desa dan subyek hukum BUMDes.
  2. Memberikan pemahaman kepada peserta dalam menyusun proses pemetaan bentang alam dan bentang potensi desa.Sehingga nantinya BUMDes dapat menyusun unit-unit usaha, atau mengkonsolidasikan unit-unit usaha yang telah ada dan membangun ekosistem baru, baik itu ekosistem digital maupun ekosistem ekonomi UMKM.
  3. Memberikan pemahaman kepada peserta pengurus BUMDes dan BUMDes bersama dalam menyusun laporan keuangan.
  4. Laporan keuangan yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan laba rugi hingga laporan konsolidasi untuk menggunakan kertas kerja praktek langsung di bawah pengawasan langsung konsultan, pakar dan praktisi Bumdes.Id.

TOT merupakan salah satu kegiatan bulanan rutin oleh Bumdes.id.

Penutupan TOT Juni 2022 dengan closing statement bahwa selaku pengelola BUM Desa harus bisa mengelola semuanya dengan baik untuk tujuan bersama dan agar masyarakat sejahtera.

Apabila tertarik untuk mengikuti pendampingan Bumdes bisa bertanya secara langsung melalui kontak Tim Bumdes.id yakni 0857-7290-08000878-0590-0800

Download File RAB Pelatihan Bumdes.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *