Bimtek Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota Bumdes di Wilayah Kalurahan Sardonoharjo

Tim Bumdes melakukan Bimtek yang dihadiri 20 peserta yang terdiri dari unsur pemerintah kalurahan Sardonoharjo. 

Kegiatan ini dihadiri 20 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Kalurahan Sardonoharjo, Pihak BPKal, Pengurus BUMDesa Bintang 18.

Pengawas BUMDesa Bintang 18, FORKOM Kalurahan Sardonoharjo, Karang Taruna, PKK, dan GAPOKTAN Adelia Sulistyani, S.Ak. 

Materi yang diberikan oleh tim bumdes yakni terkait Penyusunan Program Kerja dan Anggaran BUMDes sesuai dengan PP No 11 Tahun 2021 dan Permendesa No 3 Tahun 2021 dan berlokasi di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center.

Pada tanggal 19 Juli 2022, Tim konsultan Bumdes.id menghadiri BIMTEK Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota BUMDes di Wilayah Kalurahan Sardonoharjo.

Oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman hari kedua yang berlokasi di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center. 

Kegiatan ini dihadiri 20 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Kalurahan Sardonoharjo, Pihak BPKal, Pengurus BUMDesa Bintang 18, Pengawas BUMDesa Bintang 18, FORKOM Kalurahan Sardonoharjo, Karang Taruna, PKK, dan GAPOKTAN.  

Pada sesi pertama, Tim konsultan Bumdes.id, Adelia Sulistyani, memberikan pemaparan materi terkait dengan Penyusunan Program Kerja dan Anggaran BUMDes sesuai dengan PP No 11 Tahun 2021 dan Permendesa No 3 Tahun 2021. 

Pemaparan materi meliputi definisi Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa, Urgensi atau pentingnya BUMDes harus menyusun Rencana Program Kerja dan Anggaran.

Mekanisme penyusunan Rencana Program Kerja dan Anggaran, dan contoh case yang ditemui di lapangan terkait dengan penyusunan Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa.  

Dari sisi kelembagaan BUM Desa, BUM Desa Bintang 18 belum pernah menyusun Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa.

Hal ini menjadi kendala bagi BUMDes Bintang 18 mengingat Rencana Program Kerja dan Anggaran BUMDes merupakan dokumen yang dipersyaratkan dalam pendaftaran sertifikat badan hukum BUMDes. 

Pada sesi ini, diskusi aktif secara dua arah membahas terkait dengan bagaimana mekanisme penyusunan proyeksi atau anggaran yang selanjutnya menjadi bagian penting.

Dalam Rencana Program Kerja dan Anggaran serta membahas terkait dengan tantangan usaha serta strategi yang harus diambil dari usaha yang dijalankan.  

Harapannya, setelah dilaksanakan BIMTEK terkait dengan materi Penyusunan Program Kerja dan Anggaran BUM Desa, pengurus BUMDes Bintang 18 dapat mulai menyusun draft Program Kerja dan Anggaran BUM Desa.

Sehingga, BUM Desa Bintang 18 dapat segera mendaftarkan sertifikat badan hukum ke Kemendesa.

Bumdes melakukan kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman pendampingan Cluster selama 6 kali ke Kalurahan Sardonoharjo sebagai tindak lanjut dari agenda BIMTEK Inclass selama 3 hari mulai dari tanggal 18 Juli 2022 – 20 Juli 2022. 

Pada pendampingan cluster, tim konsultan Bumdes.id akan mendampingi terkait aspek kelembagaan, inovasi, keuangan dan digitalisasi pada 19 Agustus 2022.

BIMTEK Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota BUMDes di Wilayah Kalurahan Sardonoharjo merupakan tindak lanjut dari arahan Program Unggulan Partisipasi Masyarakat (PUPM) yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. 

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggandeng tim bumdes.id untuk mendampingi BUM Desa di wilayah Kalurahan Sardonoharjo, baik dari sisi kelembagaan, inovasi, digitalisasi dan keuangan. 

Harapannya, setelah kegiatan pendampingan selesai dilaksanakan, BUM Desa di wilayah Kalurahan Sardonoharjo dapat melakukan launching unit usaha maupun produk unggulan desanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *