Pentingnya Re-Skilling Pengurus BUMDes 2023

Pentingnya Re-Skilling Pengurus BUMDes 2023

Setiap desa memiliki potensi dalam menjalankan sebuah usaha. Potensi ini tidak lepas dari potensi yang ada dari sumber daya manusia. Keberadaan potensi sumberdaya manusia dapat difungsikan untuk mengelola dan membangun desa, salah satunya adalah pengelolaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

Pengembangan BUMDes tidak hanya selesai pada proses pembentukannya saja namun ada tahapan selanjutnya. Hal ini sebagai rangkaian mekanisme dalam mengembangkan BUMDes menjadi Lembaga Usaha Desa yang mandiri dan profesional sebagai penggerak kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan.

Faktor lain yang mendasari perlunya penguatan BUMDes adalah adanya realita bahwa potensi sumberdaya manusia yang sudah terhimpun dalam kelompok-kelompok ekonomi kerap mendapatkan kesulitan ketika ingin memperkuat visi misi BUMDes.

Selain itu adanya penguatan pengurus BUMDes dapat meningkatkan fungsi pembinaan, pemantauan dan evaluasi dari pemerintah daerah terhadap pengembangan manajemen dan SDM pengelola BUMDes (Gunawan, 2011).

Hal-hal substantif yang menjadi fokus untuk penguatan kelembagaan dan pemberdayaan BUMDes dimulai dengan kebutuhan pelatihan apa sesuai dengan kondisi saat ini.

Misalnya, jika BUMDes masih baru maka pelatihan peta jalan BUMDes sangat tepat untuk dilakukan. Untuk kemudian dilanjutkan dengan pelatihan strategi dan manajemen serta pelatihan akuntansi BUMDes sebagai pelengkapnya.

Berkaitan dengan penguatan kelembagaan maka pendampingan BUMDes untuk fase baru atau mulai tepat dilakukan di BUMDes yang mangkrak yang fokus pada pemetaan potensi dan pemilihan usaha yang tepat. Fase menengah berkaitan dengan pendampingan dalam hal strategi dan manajemen untuk BUMDes yang sudah jalan tetapi belum ada keuntungan. 

Jika BUMDes sudah jalan dan ingin menjadi maju maka pendampingan berkaitan dengan pengembangan usaha yang sebaiknya dilakukan. Pendampingan yang tepat dengan kondisi BUMDes akan menjadi daya ungkit yang luar biasa dalam memajukan BUMDes sesuai fase masing-masing.

Upaya Penguatan Pengurus BUMDes

Pendampingan dan pengawasan BUMDes terhadap keberlangsungan usaha di desa diartikan sebagai mitra, yang mana BUMDes dapat menjadi wadah terjalinnya usaha bersama di desa. BUMDes menjadi pusat pendidikan dan pelatihan dalam upaya mengembangkan produk atau unit usaha yang ada.

Maka, dalam sebuah upaya untuk mengembangkan produk atau unit usaha yang ada, BUMDes harus memiliki kapasitas dan kualitas yang mumpuni. Karenanya perlu menjadi perhatian adalah meningkatkan sumberdaya manusia dalam kepengurusan BUMDes, sehingga kepengurusan ini dapat memberikan atau menularkan semangat wirausaha, ilmu pengetahuan dan teknologi dunia usaha ke warga desa secara menyeluruh untuk menjadi bagian dari lahirnya desa wirausaha.

Kegiatan pelatihan bagi pengelola BUMDes belum bisa maksimal dikarenakan ketidaktahuan maupun tidak adanya tenaga pendukung dari sektor lain. Pada akhirnya menjadikan BUMDes yang dikelola tidak berjalan sebagaimana mestinya, oleh sebab itu menjadi penting untuk mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi pengelola BUMDes agar dapat menjalankan setiap unit usaha BUMDes sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan,

Pentingnya Pelatihan dan Pendidikan Pengurus BUMDes

Pendidikan dan Pelatihan BUMDes akan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang memadai bagi pengelola sehingga dapat menjalankan BUMDes dengan baik. Selain kemampuan teknik seperti akuntansi dan manajerial, pelatihan yang bersifat pendalaman karakter juga diperlukan agar melahirkan pengelola staf BUMDes yang jujur dan amanah.

Pentingnya skill  bagi pengurus BUMDes memiliki kemampuan dan keahlian yang mumpuni serta karakter yang baik, agar BUMDes yang dijalankannya dapat mengelola dana dari masyarakat dan pemerintah dengan tepat, sehingga tidak lagi ada cerita dana yang diselewengkan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok, karenanya setiap kegiatan di BUMDes jika dikelola dengan baik pasti akan dapat dipertanggungjawabkan dan kegiatan yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan baik..

Dalam hal pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk pengelolaan BUMDes, bumdes.id dan Sekolah Bumdes adalah lembaga yang memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan dan pelatihan pengelola BUMDes menuju BUMDes Maju.

Jika anda tertarik untuk melakukan konsultasi BUMDes terpercaya atau mengikuti pelatihan untuk meningkatkan skill yang anda butuhkan, Anda dapat menghubungi 087 9199 111 33

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *