BRI Selenggarakan Pelatihan Deepening Desa BRILiaN Tahun 2024 Tema BUM Desa

BRI Selenggarakan Pelatihan Deepening Desa BRILiaN 2024 Tema BUM Desa

Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali menyelenggarakan Pelatihan Deepening Desa BRILiaN tahun 2024 dengan tema BUM Desa. Program ini merupakan lanjutan dari inisiatif pemberdayaan bagi alumni peserta Desa BRILiaN dari tahun 2020-2023. BRI menggandeng Bumdes.id sebagai mitra pelaksana untuk memberikan pendalaman materi literasi dan inklusi keuangan, serta peningkatan kapabilitas bagi perangkat desa, jajaran BUMDes, dan pelaku usaha di desa binaan BRI.

Pada tahun 2024, peserta pelatihan dibagi menjadi empat klasifikasi berdasarkan hasil assessment, yaitu perintis, pemula, berkembang, dan maju. Pembagian klasifikasi ini bertujuan agar materi pelatihan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUM Desa.

Pelatihan pertama untuk klasifikasi perintis telah diselenggarakan pada hari Senin, 1 Juli 2024. Dr. Rudy Suryanto, Founder Bumdes.id dan akademisi, menjadi narasumber utama. Dalam pelatihan ini, Dr. Rudy membawakan materi terkait filosofi dan revitalisasi BUM Desa pasca PP 11 Tahun 2021. Ia menekankan pentingnya keberadaan BUMDes untuk mengisi ruang-ruang yang belum bisa dijalankan oleh lembaga dan institusi yang ada. Dr. Rudy juga mengingatkan bahwa BUMDes memiliki peran sebagai lembaga sosial dan pemberdayaan ekonomi desa, sesuai dengan UU Desa dan UU Cipta Kerja.

Narasumber kedua, Isa Ansori, Direktur BUM Desa Kemudo Makmur, berbagi pengalaman dalam mengelola BUM Desa yang telah mencapai kategori BUM Desa Maju. BUM Desa Kemudo Makmur memiliki empat unit usaha, yaitu Avfal Industri, Toko Desa Kamajayamart & Tarades Coffee, Unit Usaha Pertanian, dan Unit Sarana Makmur Pallet Supply. Isa Ansori menekankan pentingnya partisipasi anak muda dalam pengelolaan BUMDes. Di bawah kepemimpinannya, BUM Desa Kemudo Makmur berhasil mencapai omset 13 miliar rupiah pada tahun 2023.

Program Deepening Desa BRILiaN 2024 akan dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan, dengan setiap klasifikasi pelatihan mendapatkan empat kali pertemuan yang saling berkesinambungan. Melalui program ini, BRI berharap BUMDes di desa binaannya dapat semakin berkembang dan berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET