Kolaborasi Danone Indonesia dan Bumdes.id Sukses Gelar Penganugerahan Desa Juara 2024

Kolaborasi Danone Indonesia dan Bumdes.id Sukses Gelar Penganugerahan Desa Juara 2024

Kolaborasi Danone Indonesia dengan Bumdes.id, didukung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, sukses menggelar acara penganugerahan Desa Juara dan Webinar Penutup Program BISA (Bina Desa) di Puri Mataram, Tridadi, Sleman, DI Yogyakarta. Acara ini berlangsung secara daring dan luring, dihadiri oleh VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, serta Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi, Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si, yang mewakili Menteri Desa.

Program BISA adalah inisiatif pengembangan masyarakat berbasis ekonomi yang diinisiasi oleh Danone Indonesia dan Bumdes.id. Program ini bertujuan untuk mengembangkan lembaga desa sebagai satuan organisasi masyarakat serta mendukung potensi desa wisata melalui lembaga ekonomi lokal.

Dr. Rudy Suryanto, SE., M.Acc., Ak., CA – Founder Bumdes.id dan Akademisi, menjelaskan bahwa untuk menciptakan kemandirian desa, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif, dan visioner. “Sumberdaya manusia dari 37 desa mendapatkan pelatihan melalui Zoom dan coaching selama 1,5 bulan, didampingi oleh trainer dari Bumdes.id,” ungkap Rudy.

Harlina Sulistyorini menambahkan, “Kolaborasi antara swasta dan desa bisa menjadi kekuatan tersendiri. Terima kasih kepada Danone Indonesia yang telah berperan aktif mendampingi sumber daya di desa menjadi profesional dan memiliki daya saing.” Ia juga menekankan pentingnya kerjasama desa dan swasta untuk saling berkembang dan menginspirasi yang lain.

Vera Galuh Sugijanto dari Danone Indonesia menjelaskan bahwa perusahaan memiliki 24 pabrik di berbagai lokasi yang berkembang berkat kolaborasi dengan lembaga desa dan masyarakat sekitar. “Program BISA mendukung pemerintah dalam mengembangkan desa dan menjadi titik awal kolaborasi dari semua elemen Pentahelix menuju kemandirian desa untuk Indonesia yang lebih sejahtera,” tambah Vera.

Pada acara tersebut, penghargaan Juara Desa diberikan kepada lima desa terbaik. Desa Ponggok berhasil meraih Juara I dengan BUMDes yang telah mengembangkan semua potensi desanya. Penghargaan diserahkan oleh Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si, didampingi jajaran pimpinan Danone Indonesia.

 

Daftar Pemenang Program BISA ‘BINA DESA’ 2024 :

Kategori Utama:

Juara 1: Desa Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah

Juara 2: Desa Blederan, Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Juara 3: Desa Bongkasa Pertiwi, Kec. Abiansemal, Kab. Badung, Bali

Juara Harapan 1: Desa Cibeusi, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat

Juara Harapan 2: Desa Karangasem, Kec. Ponjong, Kab. Gunung Kidul, DIY

 

Penghargaan Khusus:

Desa Interaktif: Desa Kebon Candi, Kec. Gondang Wetan, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

Desa Potensi Wisata Terbaik Rekomendasi Danone Indonesia: Desa Wangen, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah

 

Suyantoko, Manager Marketing BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok, menyemangati desa-desa lain untuk terus mengembangkan potensinya. “Desa kami berterima kasih telah didampingi dalam pengembangan program Ketahanan Pangan,” ujar Suyantoko. Ia juga menjelaskan inisiatif seperti “One RW One Product” dan program bedah rumah untuk layak Homestay.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET