PROFIL BUMDES PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

PROFIL BUMDES PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo Sewon Bantul merupakan Badan Usaha Milik Desa yang terletak di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul yang ada di Desa Panggungharjo.

SEJARAH SINGKAT BUMDES PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

Berdiri pada bulan Maret tahun 2013, BUMDes Panggung Lestari awal mula berdiri hanya memiliki satu unit usaha yaitu KUPAS atau usaha yang bergerak di bidang jasa pengelolaan lingkungan hidup. Tiga tahun kemudian atau bertepatan di tahun 2016 BUMDes ini berkembang dan memiliki tiga unit usaha yang mana diantaranya ada KUPAS, Swadesa, dan Agrobisnis. 

Pada tahun berikutnya yakni 2017 BUMDes Panggung Lestari berhasil mengembangkan unit usaha lainnya yang bernama Kampoeng Mataraman yang bergerak di bidang usaha wisata desa. Mengalami perkembangan yang pesat membuat BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo ini menjadi salah satu BUMDes terbaik se Indonesia.

Belum lama ini kita mengalami pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia tetapi BUMDes ini dapat bertahan dengan berinovasi pada tahun 2020. Menutup beberapa unit usaha dan pengurangan beberapa karyawan membuat BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo menambah unit usaha baru yang bernama pasardesa.id Panggungharjo. 

Untuk penjualan serta pembelian online yang memudahkan warga dari Desa Panggungharjo untuk berbelanja pada tahun-tahun pandemik tersebut. Pada tahun 2021 dengan keadaan yang sudah membaik dan cukup stabil BUMDes ini membuka kembali unit usaha yang telah ditutup yakni KUPAS, Kampoeng Mataman, pasardesa.id Panggungharjo  dan The Ratan.

USAHA YANG DIJALANKAN BUMDES PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

  • KUPAS

Berdiri pada tahun 2013 yang diawali dengan keprihatinan terhadap turunnya tingkat kebersihan lingkungan sekitar dikarenakan sampah yang mulai banyak. KUPAS merupakan singkatan dari Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah.

Dengan berdirinya KUPAS membuat BUMDes ini memiliki unit usaha yang berfokus dalam pengelolaan sampah. Pada saat awal berdirinya pengenalan KUPAS melalui pemberdayaan masyarakat.

Dan tentunya KUPAS ini mendapat penilaian positif dari Pemerintah Desa Panggungharjo. Tidak sampai disitu BUMDes ini juga melakukan kerjasama dengan Pemerintah Desa melalui program “Peduli Sampah Untuk Masa Depan Anak Cucu Kita”.

Dengan slogan tersebut membawa arti secara bersama masyarakat desa untuk peduli dengan masa depan anak. Dalam pengoprasian unit usaha KUPAS berazaskan kekeluargaan dan bekerja atas dasar prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat.

Disamping dalam rangka untuk mengoptimalkan potensi lokal, pengelolaan sampah ini juga dalam rangka melakukan intervensi kebijakan dalam mendorong lahirnya budaya pengelolaan lingkungan yang baru.

Melalui aktivitas ini BUMDes Panggung Lestari telah membuka lapangan pekerjaan bagi 20 orang, dan kehadiran dari unit usaha ini menjadi inspirasi bagi lembaga ekonomi lain.

  • KAMPOENG MATARAMAN

Berdiri tahun 2017 dengan membawa konsep desa wisata yang menghadirkan nuansa desa pada abad 19. Dalam mewujudkan ini BUMDes Panggung Lestari membuat sandang, papan, serta pangan dengan tujuan usaha hasil bentang budaya.

  • PASARDESA.ID PANGGUNGHARJO

Unit usaha ini dikembangkat atas penanganan serta cara BUMDes Panggungharjo dalam menghadapi pandemi COVID-19, yang mana ini menjadi jembatan penghubung produk lokal Desa Panggungharjo.

  • THE RATAN

Unit usaha The Ratan yang merupakan hasil kerjasama antara BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo dengan warga desa Panggungharjo. The Ratan sendiri merupakan sebuah unit usaha penyedia jasa penyewaan gedung serba guna yang diperlukan untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan tempat yang luas.

Itulah beberapa hasil yang telah dilakukan oleh BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo melalui berbagai unit usaha yang telah mereka kembangkan sampai saat ini. Untuk lokasi sendiri dari BUMDes ini ada di Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET