Sosialisasi Program BISA (Bina Desa) Untuk Indonesia Sejahtera

Sosialisasi Program BISA (Bina Desa) Untuk Indonesia Sejahtera

Bumdes.idPada hari Selasa, 12 Desember 2023, Tim Bumdes.id menggelar Sosialisasi Program BISA (Bina Desa) Untuk Indonesia Sejahtera melalui fasilitas zoom. Program BISA sendiri diinisiasi oleh Pabrik Danone Indonesia dengan sasaran desa-desa yang berada di wilayah ring 1 pabrik Danone di seluruh Indonesia. 

Sosialisasi Program BISA dihadiri 30 peserta yang merupakan pengurus BUM Desa, kepala desa, anggota BPD, serta tokoh masyarakat desa. Fokus utama Program BISA salah satunya adalah memberdayakan kemandirian pengurus BUM Desa serta memberikan pendampingan dalam bentuk inkubasi.

Konsultan Bumdes.id, Havri Ahsanu Fu’ad, S.Ak., M.Ak dalam pemaparan materi menyampaikan bahwa Program BISA menitikberatkan pada pengembangan masyarakat berbasis lembaga desa, yaitu melalui BUM Desa karena BUM Desa sendiri telah diakui oleh negara melalui UU Cipta Kerja tahun 2020 dan juga Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 mengenai badan hukum BUM Desa. 

Havri menambahkan bahwa banyak tujuan mulia yang ingin dicapai Program Bina Desa kepada desa-desa di wilayah penopang pabrik Danone Indonesia. Pertama, mendorong kemajuan dan kemandirian desa agar tumbuh berdaya. Kedua, mendorong desa dapat mengoptimalisasi produk-produk unggulannya.

Ketiga, mendorong BUM Desa sebagai motor penggerak perubahan ekonomi di desa. Keempat, mendukung pelaksanaan program desa wisata yang telah digagas Kemenparekraf bersama Pabrik Danone Indonesia.

Program BISA akan dilaksanakan sepanjang Januari 2024 sampai dengan Desember 2024 dengan susunan acara meliputi webinar, pelatihan, coaching sampai dengan zoom meeting yang terjadwal antara tim Bumdes.id dengan para peserta. 

Nantinya, para peserta yang masuk dalam kompetisi dapat memperoleh benefit berupa: reward dalam setiap pelatihan, program inkubasi bagi 5 desa pemenang, dan hibah modal usaha selain itu juga mendapatkan hibah berupa barang bagi para pemenang. 

Peta jalan Program Bina Desa untuk Indonesia Sejahtera yang perlu dipahami peserta adalah akan ada sosialisasi selama sebulan kedepan, disusul dengan peserta dapat memilih opsi 2 tema sesuai dengan permasalahan yang ditemui di desanya, kemudian peserta akan dikelompokkan dalam grup whatsapp dan mendapat coaching selama 1,5 bulan dari Tim Bumdes.id.

Materi-materi coaching beberapa diantaranya meliputi Revitalisasi Kelembagaan dan Usaha BUM Desa, Literasi Keuangan dan Pencatatan Keuangan Usaha, dan Strategi Pemasaran Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET