Tema-Tema Strategis Rembug Desa Nasional #RDN2017

Tema besar yang akan digagas dalam Rembug Desa Nasional 2017 ini adalah terkait dengan ‘PERAN STRATEGIS DESA DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTANdimana tema ini akan dijabarkan menjadi sub tema-sub tema yang mendukung terwujudnya gagasan besar tersebut, yang meliputi

  1. PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL / LOCAL ECONOMIC DEVELOPMENT yang terdiri atas ;
    1. Sub Tema 1.1 Pasar Desa
    2. Sub Tema 1.2 Wisata Desa
    3. Sub Tema 1.3 Program Unggulan Desa
  2. PROGRAM INOVASI DESA yang terdiri atas ;
    1. Sub Tema 2.1 Teknologi Tepat Guna
    2. Sub Tema 2.2 Sistem Informasi Desa
  3. PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN yang terdiri atas ;
    1. Sub Tema 3.1 Perhutanan Sosial
    2. Sub Tema 3.2 Tata Ruang Desa
  4. BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDESA) yang terdiri atas ;
    1. Sub Tema 4.1 Bumdesa dan Bumdesa Bersama
    2. Sub Tema 4.2 Mitra Bumdes Nusantara

Tema-tema diatas dipilih karena sangat relevan dengan isu pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Tema-tema tersebut menegaskan bahwa desa secara nyata telah berkontribusi penting bukan hanya untuk pembangunan nasional, tetapi juga pembangunan berkelanjutan.

Tema tersebut akan dibahas dalam beberapa perspektif, yaitu potensi lokal desa, inovasi desa dan social enterprise. Harapannya adalah didapat aspirasi dari desa-desa terkait dengan tema-tema tersebut. Sharing best practice dari berbagai desa diharapkan akan memperkaya topik-topik diatas.

Setelah ada persamaan persepsi dan diskusi, diharapkan akan disepakati peta jalan (roadmap) menuju konsep kebangkitan ekonomi Indonesia dari desa. Berdasarkan peta jalan tersebut maka desa-desa bisa saling belajar dan bekerjasama untuk mencapai tahapan (milestone) demi milestone. Kesepakatan ini akan dituangkan dalam bentuk Piagam Komitmen Kerjasama (Piagam Jogjakarta).

Rembug Desa Nasional akan mengundang pembicara-pembicara baik dari Pelaku, Penggerak, Tokoh Desa, Akademisi, Pengusaha, Media dan perwakilan dari pemerintah, sesuai dengan Sinergi ABCGFM (Academics-Business-Community-Government-Financial Insitution-Media).

Kami akan update persiapan-persiapan yang dilakukan di Rembug Desa Nasional, Profil-Profil pembicara yang akan sharing di RDN2017.

#SiapHadir #RDN2017

Konfirmasi kehadiran Pra Acara Seminar Kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Desa

bit.ly/seminardesa

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET