2.567 Orang Bakal Diangkat Jadi CEO BUMDes di Jabar

BUMDES.ID – Ada terobosan baru pengembangan BUMDes dari Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang menyiapkan 2.567 orang yang bakal didapuk menjadi CEO BUMDes di provinsi ini. Para CEO diharapkan akan melahirkan pengembangan BUMDes sehingga skala usahanya menjadi besar dan berkelanjutan.

Dilansir dari Detik.com (14/5), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Dedi Supandi menyatakan, rancana pengangkatan CEO BUMDes ini dilakukan sebagai bagian dari Program One Village One Company (OVOC) alias setiap desa harus punya lembaga ekonomi yang kuat. Program ini akan dijalankan pada desa-desa yang sudah memiliki BUMDes.

Pengangkatan CEO BUMDes diharapkan akan menumbuhkan lembaga BUMDes di desa sebagai sebuah lembaga usaha yang memiliki karakteristik sesuai potensi desa dan berbasis pada kebutuhan desa tersebut.

Rencananya, kata Dedi, para CEO ini akan berasal dari pada Pendamping Desa yang bekerja sebagai pendamping desa pada Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) Kemendes. Para pendamping lokal juga masuk dalam daftar kandidat CEO ini.

Program ini dilakukan agar usaha yang dikembangkan BUMDes di Jawa Barat bisa berkembang sesuai dengan potensi lokal desa. Data yang terhimpun Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyebut, hingga saat ini dari seluruh BUMDes yang telah berdiri di Provinsi ini, sebesar 63 persen BUMDes bergerak pada usaha bidang perdagangan dan jasa. Sisanya bergerak pada bidang pertanian, wisata dan lainnya.

Meski sebagian besar desa sudah mendirikan BUMDes, namun hingga saat ini sebagian besar BUMDes itu masih belum memiliki aktivitas usaha yang menunjukkan prospek pengembangan. Pemahaman mengenai manajemen usaha yang profesional adalah salahsatu kendala yang dihadapi para pengurus BUMDes.

Kendala lain adalah masih terbatasnya kemampuan pengurus BUMDes dan perangkat desa dalam melakukan identifikasi potensi desanya yang bisa dihubungkan dengan peluang pasar yang ada. Akses pasar yang lemah adalah salahsatu masalahnya. Beberapa kendala inilah yang banyak terjadi di sebagian besar desa dan program pengangkatan CEO adalah salahsatu yang diharapkan bisa menciptakan lompatan mengatasi perlbagai masalah itu. Lalu apa saja tugas CEO?

Tugas CEO yang BUMDes adalah melakukan mentoring pada BUMDes mengenai bagaimana mengembangkan usaha berbasis potensi lokal, memfasilitasi, membangun akses permodalan dengan berbagai pihak hingga berbagai melakukan berbagai bimbingan teknis.

Dengan beberapa tugas itu diharapkan para CEO akan membawa BUMDes di Jawa Barat menjadi lembaga usaha yang popular sehingga memiliki peluang berkembang. Direncanakan para CEO BUMDes ini akan dilantik pada Juni 2019.(aryadji/bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET