Kinerja Pengelola BUMDES perlu di evaluasi dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Konsep yang tepat untuk pengembangan BUMDES adalah pola PTM (Perbaikan Terus Menerus) atau continous improvement. Pola ini menuntut adanya kejujuran dan keterbukaan dalam pengelolaan BUMDES.
Evaluasi Kinerja Pengelola BUMDES bisa dibagi menjadi dua yaitu evaluasi kinerja keuangan dan evaluasi kinerja non keuangan.
Evaluasi Kinerja Keuangan
Evaluasi Kinerja Keuangan meliputi
- Evaluasi Profitabilitas
- Evaluasi Likuiditas
- Evaluasi Solvabilitas
- Evaluasi Rentabilitas
Evaluasi Kinerja Non Keuangan
Agar BUMDES tidak semata-mata mencari keuntungan, maka diperlukan juga evaluasi kinerja non keuangan, yang antara lain
- Evaluasi Kepuasan Customer
- Evaluasi Kepuasan Karyawan
- Evaluasi Pencapaian Target Operasional
Keseimbangan dalam evaluasi kinerja keuangan dan non keuangan sangat penting untuk keberlanjutan usaha di masa depan. Lewat evaluasi non keuangan kita bisa tahu akar-akar masalah yang ada di BUMDES kita. Apabila Customer kecewa, maka tentu akan berakibat penurunan pendapatan di masa datang. Demikian juga kalau karyawan kita tidak bahagia maka akibatnya adalah penurunan produktivitas.