BUM Desa Semangat Jaya Makmur Semangko Kutai Kartangara mendapatkan Fasilitas Pelatihan Penguatan BUM Desa

Bumdes.id – BUM Desa Semangat Jaya Makmur Semangko terletak di Desa Semangko, Kec Muara Karang, Kab Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dalam rangka melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, PT Patra Drilling Contractor (PDC) melakukan kegiatan Pelatihan dan Penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa ) Semangat Jaya Makmur Semangko. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 09-11 November 2023 yang berlokasi di Komplek Kantor Desa Semangko dan diikuti oleh kurang lebih 15 peserta pelatihan.

Pertamina PDC menggandeng Rumah Zakat sebagai mitra dalam penyelenggara Pelatihan dan Penguatan di Desa Semangko ini. Dalam upanya memberikan materi terkait dengan BUM Desa, Bumdes.id diminta oleh Rumah Zakat sebagai Narasumber pelatihan dan penguatan BUM Desa Semangat Jaya Makmur Semangko. Dalam pelatihan kali ini, Bumdes.id memberikan materi terkait dengan Filosofi dan Revitalisasi BUM Desa Pasca PP 11 Tahun 2021, Tata Kelola BUM Desa, Sharing Praktik BUM Desa Inspiratif, Pemetaan Potensi Desa, Perencanaan Usaha Menggunakan Bisnis Model Cancas, Digital Marketing, dan Tata Kelola Keuangan BUM Desa.

Dalam kegiatan tersebut tim narasumber yang dilibatkan oleh Bumdes.id adalah Bapak Raden Agus Choliq sekalu Direktur BUM Desa Tridadi Makmur, Havri Ahsanul Fuad dan Widodo Prasetyo Utomo yang merupakan senior consultant Bumdes.id. Selama kegiatan pelatihan, tim Bumdes.id berdiskusi dengan seluruh stakeholder Desa Semangko, dari hasil diskusi ditemukan berbagai potensi yang dapat dikembangkan oleh BUM Desa Semangat Jaya Makmur. Potensi terbesarnya adalah di Bidang Pertanian, dimana BUM Desa nantinya akan menjadi Offtaker bagi para petani padi untuk bisa mengolah dan mengemas padi menjadi beras yang siap di pasarkan hingga ke Kota Samarinda.

Pelaksanaan pelatihan tersebut berjalan dengan lancar, setelah dilakukan pelatihan Tim Bumdes.id akan melakukan monitoring dan evaluasi pasca pelatihan secara online. Dalam monitoring ini nantinya tim Bumdes.id akan membantu BUM Desa Semangat Jaya Makmur dalam melengkapi persyaratan dokumen Badan Hukum BUM Desa yaitu Peraturan Desa, Anggaran Dasar BUM Desa, Anggaran Rumah Tangga BUM Desa, Berita Acara Musyawarah Desa, dan Rencana Program Kerja BUM Desa. Harapanya dalam beberapa bulan kedepan, BUM Desa Semangat Jaya Makmur sudah memiliki legalitas Sertifikat Badan Hukum BUM Desa dan dapat bekerjasama dengan korporasi di sekitar Desa Semangko untuk mengoptimalkan potensi Desa. (Havri A.F)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *