Bumdes.id Dampingi Pembentukan Kelembagaan LAT Temanggung

Bumdes.id Dampingi Pembentukan Kelembagaan LAT Temanggung

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) bekerjasama dengan Bumdes.id untuk mendampingi pembentukan kelembagaan Lahan Akses Terbuka (LAT) di Temanggung.

Lahan Akses Terbuka (LAT) sendiri merupakan lahan tidur atau kurang produktif yang memerlukan pengelolaan kelembagaan.

Biasanya lahan kurang produktif ini bekas pertambangan, lahan-lahan di daerah pegunungan yang belum terkelola dengan baik, atau lahan-lahan tidur yang belum maksimal dikelola oleh pemerintah desa setempat. 

Bumdes.id sepanjang 27 September 2022 sampai dengan 11 November 2022 mengadakan asesmen untuk pembentukan kelembagaan bersama Direktorat PPKL KLHK dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

Asesmen dimulai dengan koordinasi dan pengarahan dari Dirjen PPKL KLHK, Dinas KLHK Provinsi Jawa Tengah, asesmen kelembagaan BUMDes di Temanggung serta memulai proses pemetaan bentang alam yang ada di lahan-lahan sasaran Kabupaten Temanggung. 

Proses asesmen juga melibatkan penentuan unsur perwakilan BUMDes, pemerintah desa hingga pemangku kepentingan terkait untuk mendiskusikan format terbaik kelembagaan yang cocok untuk mengelola Lahan Akses Terbuka di Kabupaten Temanggung. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET