Kemitraan Narasumber Workshop Pertemuan Berkala Stakeholder di Sekitar Kegiatan Operasi KKKS Kangean Energy Indonesia LTD

Bumdes.id – Bulan oktober yang lalu, Bumdes.id menjadi mitra narasumber SKK Migas – Kangean Energy Indonesia Ltd dalam memberikan workshop pertemuan berkala stakeholder Kecamatan Raas dan Kecamatan Sapeken Tahun 2023 di sekitar kegiatan operasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Kangean Energy Indonesia Ltd.

Kegiatan workshop diikuti oleh Camat Sapeken, Camat Raas, Kapolsek Sapeken, Kapolsek Raas, Danramil Sapeken, Danramil Raas, Kepala Desa Se Kecamatan Sapeken diantaranya Desa Pagerungan Besar, Desa Pagerungan Kecil, Desa Paliat, Desa Desa Sabunten, Desa Sadulang, Desa Sakala, Desa Sapeken, Desa Saseel, Desa Saur Saebus, Desa Sepanjang, dan Desa Tanjung Kiaok serta Kepala Desa Se Kecamatan Raas diantaranya Desa Alas Malang, Desa Brakas, Desa Guwa-Guwa, Desa Jungkat, Desa Karangnangka, Desa Ketupat, Desa Kropoh, Desa Poteran, dan Desa Tonduk.

Bumdes.id menurunkan 1 (satu) orang tenaga ahli BUM Desa untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Bapak Edy Risdiyanto, ST. CI, CT.NLP.

Para peserta mendapatkan materi tentang Filosofi dan Revitalisasi BUM Desa Paska PP No. 11 Tahun 2021 dan Permendesa No. 03 Tahun 2021 serta materi tentang Sinergi Bersama dalam Menguatkan Ekosistem Ekonomi Desa yang Berkelanjutan.

Narasumber menjelaskan tentang sejarah berdirinya Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa), Pengertian BUM Desa, Tujuan BUM Desa, Penguatan BUM Desa dalam PP No.11 Tahun 2021, status relasi BUM Desa, peluang usaha yang dapat dijalankan oleh BUM Desa, revitalisasi, sumber daya manusia, manajemen, legalitas, administrasi akuntansi, masalah usaha yang dihadapi BUM Desa, penguatan usaha BUM Desa, penguatan kerjasama, dan peningkatan akuntabilitas serta keberlanjutan.

Disisi lain, narasumber juga menyampaikan ekosistem ekonomi desa mencakup sumber daya alam, sumber daya manusia, kebijakan pemerintah, kegiatan ekonomi seperti pertanian, industri kecil, dan perdagangan, serta berbagai inisiatif dan usaha yang mendukung perkembangan ekonomi di tingkat desa. Ekosistem ekonomi desa dan keanekaragaman potensi serta lingkungannya berfungsi sebagai suatu kesatuan ekologi dalam alam untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Masyarakat memiliki peran penting dalam membangun ekosistem ekonomi yang kuat menuju desa sejahtera. Masyarakat berperan sebagai penggerak ekonomi lokal, pemberdayaan diri, kewirausahaan, konservasi sumber daya alam, dan dalam pengambilan keputusan. Tidak hanya masyarakat, Peran Pemerinta Desa sangat diperlukan dalam melakukan perencanaan dan pengelolaan ekosistem ekonomi desa, menyiapkan infrastruktur, melakukan pemberdayaan masyarakat, membuat kebijakan-kebijakan ekonomi yang beriorientasi pada usaha lokal dan membangun kemitraan serta kolaborasi dengan berbagai pihak. (Prass)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *