Kunci Keberhasilan BUMDes dalam langkah mendorong Masyarakat Desa Menuju Kemandirian Ekonomi

Bumdes.id – Dalam langkah menuju kemandirian ekonomi desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Manyar Sidorukun, Kab. Gresik Jawa Timur telah mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas SDM BUMDes dengan tema  “Revitalisasi BUMDesa Paska PP 11 Tahun 2021” di Yogyakarta pada tanggal 26-27 Oktober 2023 yang diselenggrakan oleh SKK Migas dan PT Saka Energi Indonesia yang bekerja sama dengan Bumdes.id.

Pelatihan dimulai dengan peningkatan pemahaman BUMDes serta peraturan pemerintah No. 11 Tahun 2021. Para peserta diajak untuk memahami Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2021,  BUMDes memiliki tujuan mendorong kemandirian ekonomi desa, BUMDes tidak hanya menjadi lembaga ekonomi lokal tetapi juga pusat pemberdayaan masyarakat. Banyak BUMDes berhasil mengidentifikasi potensi lokal, mengembangkan produk unggulan, dan meningkatkan pemasaran untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, 

Menurut Maulana Rizka Mahendra, S.E selaku pemateri “Terdapat Dua Faktor Kunci Keberhasilan BUMDes yaitu pertama Kualitas Musyawarah Desa melalui Desain Kelembagaan BUMDesa serta Desain Usaha BUMDes dan yang kedua yaitu Kapasitas Direktur BUMDes yang mewakili BUM Desa dengan bertindak untuk dan atas nama BUMDesa serta Mensyaratkan 5 Kapasitas dasar Kompetensi Leadersip dan Enterpreneurship.” 

Pelatihan ini juga memperkenalkan langkah-langkah dalam pemetaan bentang. Pemetaan ini diarahkan untuk untuk memahami dan menilai dengan cermat potensi sumber daya alam, manusia, dan sosial yang ada. Dengan demikian, Desa dapat mengoptimalkan potensi ini dalam mengembangkan usaha atau dengan membuat unit usaha yang baru. Selanjutnya peserta mendapatkan kesempatan untuk Studi Lapangan di BUMDes Amarta Yogyakarta yang merupakan salah satu BUMDes Maju yang ada di Indonesia. hal ini diharapkan agar para peserta pelatihan ini dapat mengevaluasi serta pelajaran yang mereka ambil dari pengalaman, penerapan serta pengetahuan dalam pengelolaan BUMDes Amarta. (Annas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *