PELATIHAN BUMDES 2023 (TRAINING OF TRAINER BUMDES)

pelatihan bumdes 2023

Bumdes.id secara rutin menyelenggarakan pelatihan Bumdes dan Pendampingan Bumdes atau biasa disebut dengan TOT untuk pendamping dan pengurus BUMDes.

Pelatihan Bumdes ini dapat diikuti oleh siapa saja. Sebagai Training of Trainers pendamping dan pengurus BUMDes bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas masing-masing BUMDes. 

Tujuan Pelatihan ini ditujukan bagi BUMDesa agar dapat memperoleh wawasan mengenai kelayakan usaha. dan dapat memperoleh wawasan tentang tata kelola BUMDES yang baik. 

Training of Trainers Pendamping dan Pengurus BUMDes memiliki beberapa kurikulum pelatihan yang menarik sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman kepada pendamping dan pengurus BUMDes mengenai filosofi, tata kelola, kelembagaan. Serta aturan-aturan hukum terkait yang berhubungan dengan subyek hukum desa dan subyek hukum BUMDes.
  2.  Memberikan pemahaman kepada peserta dalam menyusun proses pemetaan bentang alam dan bentang potensi desa. Sehingga nantinya BUMDes dapat menyusun unit-unit usaha, atau mengkonsolidasikan unit-unit usaha yang telah ada dan membangun ekosistem baru, baik itu ekosistem digital maupun ekosistem ekonomi UMKM.
  3.  Memberikan pemahaman kepada peserta pengurus BUMDes dan BUMDes bersama dalam menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan laba rugi hingga laporan konsolidasi dilakukan menggunakan kertas kerja praktek langsung dibawah pengawasan langsung konsultan, pakar dan praktisi Bumdes.id.
  4. Memberikan pemahaman langsung kepada peserta mengenai digitalisasi ekonomi desa, baik melalui digitalisasi laporan keuangan hingga digitalisasi perbankan melalui laku pandai dan PPOB online.
  5. Peserta juga akan dilatih menggunakan sistem aplikasi akuntansi BUMDes (SAAB) sebagai software akuntansi keuangan yang dikhususkan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan keuangan BUMDes dan desa. 
  6. Selanjutnya pada tahap akhir, peserta akan diajak berkunjung ke BUMDes dan desa yang telah berhasil mengelola BUMDes dengan baik Kunjungan lapangan ini bertujuan mendorong pengurus BUMDes untuk mendapat inspirasi, mendapat wawasan baru serta tergerak untuk maju. Serta dapat menimba ilmu untuk diadaptasi di daerahnya sendiri. 
  7. Training of trainers (ToT) pengurus BUMDes yang dilakukan Bumdes.id juga menggandeng para pihak dari para akademisi kampus, pengusaha, pemerintah, lembaga keuangan serta dari media.

Para praktisi ini akan memberikan wawasan bagi pengurus BUMDes membuka jejaring dengan institusi lain untuk mengembangkan BUMDes. Pengesahan UU Desa Tahun 2014 menjadi titik balik sejarah perkembangan dan pengelolaan Desa di Seluruh Indonesia.

Desa yang selama ini dikenal sebagai tempat yang terpencil dan kuno kini bisa menjelma menjadi salah satu sumber kekuatan kebangkitan Ekonomi di Indonesia. Oleh sebab itu diperlukan adanya Training Of Trainers Pendampingan BUMDes.

Desa yang selama ini juga dikenal sebagai alat yang hanya menjalankan instruksi juga berubah total dengan adanya Undang-Undang Desa ini. Namun ada banyak sekali kendala yang ditemukan tentang pengelolaan dan Pengembangannya.

Banyak Desa yang mendirikan BUMDes namun hanya sedikit BUMDes yang bisa memberikan sumbangsih kepada Desa lewat meningkatnya kesejahteraan masyarakat juga dengan jumlah Pendapatan Asli Desa. Oleh sebab itu guna mempercepat dalam mengelola dan mengembangkan BUMDes ini diperlukan adanya Training Of Trainers Pendampingan BUMDes:

  • Memberikan wawasan tentang filosofi dan Teknik fasilitasi BUMDes
  • Memberikan wawasan tentang potensi Desa kepada peserta pelatihan (pengelola BUMDES).
  • Memberikan wawasan tentang kelayakan usaha.
  • Memberikan wawasan tentang tata kelola BUMDES yang baik.
  • Memberikan pengalaman dan pembelajaran yang dapat diambil dari kunjungan atau studi banding ke salah satu BUMDES inspiratif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET