Pelatihan Manajemen Keuangan BUMDes Desa Brilian 2022

Tim Bumdes melakukan pelatihan manajemen Keuangan Bumdes Desa Brilian 2022 secara online pada 14 Juli 2022 kemarin melalui Zoom Meeting. 

44 BUM Desa yang ada di Wilayah Sumatera Utara. Namun, dari keseluruhan peserta yang diundang hanya sekitar 10 peserta yang hadir mengikuti agenda pelatihan.

Pemateri dari tim bumdes yakni Adelia Sulistyani, S.Ak yang menjelaskan Materi terkait dengan Pelatihan Manajemen Keuangan BUMDes Desa Brilian 2022.

Tim konsultan bumdes.id memberikan Pelatihan Manajemen Keuangan BUMDes Desa Brilian 2022 BUM Desa yang ada di Wilayah Sumatera Utara.

Dalam rangka kerja sama dengan Badan Pengembangan Riset Inovasi Universitas Sumatera Utara pada tanggal 14 Juli 2022 Pukul 09.00 – 12.00 WIB. 

Dalam kegiatan ini, Badan Pengembangan Riset Inovasi Universitas Sumatera Utara memfasilitasi kepada 44 BUM Desa.

Yang ada di Wilayah Sumatera Utara untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Keuangan BUM Desa Desa Brilian 2022.  

Tim konsultan bumdes.id memberikan pengantar terkait dengan penatausahaan keuangan dan pencatatan keuangan BUM Desa hingga penyusunan laporan keuangan BUM Desa sesuai dengan yang diamanatkan dalam PP No 11 Tahun 2021. 

Beberapa permasalahan yang sering ditemui di BUM Desa adalah bingung terkait dengan laporan keuangan apa saja yang harus disusun oleh BUM Desa. Pada sesi ini, tim konsultan bumdes.id melakukan showing aplikasi keuangan SAAB kepada BUM Desa yang hadir. 

Pemaparan meliputi praktik input penganggaran, input transaksi keuangan, hingga output berupa Laporan Keuangan. 

Salah satu peserta dari BUM Desa Bangun Mandiri Desa Bekiung aktif diskusi dan bertanya terkait dengan praktik input penganggaran dan bagaimana mekanisme untuk input transaksi yang lengkap dengan bukti transaksinya.  

Pada akhir sesi, tim konsultan bumdes.id memberikan kesempatan kepada BUM Desa yang hadir untuk praktik langsung menggunakan SAAB Demo. 

Harapannya, melalui kegiatan Pelatihan Manajemen Keuangan BUM Desa dapat meningkatkan pemahaman akan pentingnya penatausahaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan BUM Desa sesuai dengan PP No 11 Tahun 2021.

Badan Pengembangan Riset Inovasi Universitas Sumatera Utara

Tindak Lanjut yang akan dilaksanakan yaitu permintaan data profil kepada BUM Desa yang mendapatkan reward peserta terbaik oleh penilaian Badan Pengembangan Riset Inovasi Universitas Sumatera Utara. 

BUM Desa yang mendapatkan reward peserta terbaik selanjutnya akan dibantu untuk di setting akun SAAB sesuai profil BUM Desa pemenang reward.

Agenda Pelatihan Manajemen Keuangan BUMDes Desa Brilian 2022 yang ada di Wilayah Sumatera Utara merupakan agenda yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Riset Inovasi Universitas Sumatera Utara. 

Pada agenda ini, Badan Pengembangan Riset Inovasi Universitas Sumatera Utara menggandeng tim konsultan bumdes.id untuk menjadi narasumber dalam agenda Pelatihan Manajemen Keuangan BUMDes Desa Brilian 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET