Pelatihan Penguatan BUM Desa Wilayah Sumba Timur Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) Kemendesa PDTT

Bumdes.id – Direktorat Pengembangan Kelembagaan Ekonomi dan Investasi Desa melaksanakan kegiatan Master of Trainers (MOT) penguatan BUM Desa pada hari Kamis-Sabtu 12-14 Oktober 2023 di Ambon, Maluku. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Bapak Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.Si., M.M. serta jajaran dari Kementerian Desa PDTT. Kegiatan ini ditujukan untuk mencetak calon Trainer untuk dapat mensukseskan program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) di Wilayah Indonesia Timur.

Kegiatan MOT ini dibuka secara langsung oleh Wakil Menteri Kementrian Desa PDTT Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M. Si. Dalam sesi pembukaan ini Wamendes Paiman menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), telah berkolaborasi dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) melalui kesepakatan Pinjaman dan Hibah Luar Negeri dalam rangka program pemberdayaan masyarakat, yaitu melalui kegiatan Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di wilayah Timur Indonesia, mencakup 9 provinsi seperti Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah. Wilayah ini terdiri dari 25 kabupaten dan tersebar di 1.100 desa atau kampung.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, dilakukan kegiatan Penguatan BUMDesa dan Lembaga Ekonomi Desa lainnya dengan harapan dapat melahirkan pengajar, pelatih, dan master yang memiliki kompetensi serta keahlian, sehingga mereka mampu mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada calon pelatih dalam kegiatan selanjutnya.

Bumdes.id diminta secara langsung oleh Kementrian Desa PDTT untuk membantu dalam program pelatihan dalam hal penyusunan modul pelatihan untuk BUM Desa dan sekaligus menjadi Master Trainer dalam kegiatan Master of Trainer (MOT)  Penguatan BUM Desa dan Lembaga Ekonomi Lainnya dengan tema “Menciptakan Calon Master Pelatih yang Berkompeten dalam Pengembangan Ekonomi Desa”. Master Trainer yang disediakan oleh Bumdes.id merupakan konsultan BUM Desa berpengalaman dan juga para Direktur BUM Desa yang telah sukses mengembangkan BUM Desanya. Harapannya dengan komposisi tim trainer yang ada ini, modul dan juga pelatihan yang diberikan kepada para peserta dapat lebih aplikatif, karena berbasis pengalaman di lapangan yang sering dilakukan oleh konsultan bumdes.id dan juga para direktur BUM Desa dalam pengembangan BUM Desa. Sebelum memulai pembahasan modul, Founder Bumdes.id Bapak Rudy Suryanto memberikan Mindsetting kepada para peserta terkait bagaimana menjadi konsultan dan Narasumber BUM Desa. Setelah dilakukan mindsetting ini, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi modul oleh para Master Trainer.

Dalam kegiatan MOTini, terdapat 7 modul yang disampaikan kepada para peserta, diantaranya adalah Modul Metode Pelatihan dan Ice Breaking, Modul Legalitas BUM Desa, Modul Perencanaan Bisnis, Modul Manajemen Operasional BUM Desa, Modul Pemasaran, Modul Lokal Konteks, dan Modul Literasi Keuangan. Pelaksanaan MOT yang diselenggarakan di Ambon ini diikuti oleh kurang lebih 50 Peserta pegiat desa yang berasal dari 9 provinsi di Wilayah Indonesia Timur. Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta nantinya akan ditugaskan untuk memberikan pelatihan kepada para fasilitator yang ada di Provinsi masing-masing dan tim bumdes.id akan terus mengawal kegiatan ini untuk memastikan bahwa materi yang tersampaikan kepada Desa dan BUM Desa dapat diterima dan diterapkan dengan baik. (Havri A.F)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *