Pelatihan Tata Kelola Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Pengurus BUM Desa Pagerungan Jaya Desa Pagerungan Besar Kec. Sapeken, Kab. Sumenep

Bumdes.id – Pada pertengahan bulan agustus yang lalu, Bumdes.id menjadi mitra kerjasama dan narasumber pelatihan tata kelola manajemen dan tata kelola keuangan bagi pengurus BUM Desa Pagerungan Jaya yang berlangsung selama 2 (dua) hari di Desa Pagerungan Besar, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep. 

Kegiatan pelatihan dihadiri oleh 12 (dua belas) peserta yang terdiri dari Direktur BUM Desa, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Sekretaris, Manajer – Manajer Unit Usaha, Kepala Bidang Internet Desa, Staf Teknisi Internet Desa, Staf Pariwisata, Staf UMKM, dan Pengawas BUM Desa.    

Bumdes.id menurunkan 2 (dua) orang tenaga ahli dan konsultan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Bapak Agus Edi Winarto (Tenaga Ahli Bumdes.id) dan Saudara Widodo Prasetyo Utomo (Konsultan Bumdes.id).

Para peserta mendapatkan beberapa materi diantaranya terkait dengan tata kelola manajemen BUM Desa, Susunan Organisasi dan Tata Kelola Bidang Usaha, Manajemen Pengelolaan dan Penyertaan Modal BUM Desa, Laporan Kepengawasan BUM Desa, Tata Kelola Keuangan BUM Desa sesuai PP 11 Tahun 2021 dan Kepmendesa No. 136 Tahun 2022 serta Latihan Pencatatan Keuangan menggunakan Buku Bantu dan materi Sistem Akuntansi dan Analisis Bisnis (SAAB) BUMDes. 

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dari awal hingga akhir, salah satunya ketika sesi diskusi, para peserta menggali kembali pengetahuan terkait dengan prosedur dalam bekerja, cara dalam melakukan kerjasama dengan nominal yang besar, pembagian hasil usaha BUM Desa, pencatatan keuangan sederhana, dan penyimpanan data pelanggan di aplikasi SAAB. Tidak hanya itu, para peserta juga sangat antusias ketika mengikuti kegiatan praktek pencatatan keuangan menggunakan aplikasi SAAB dari Bumdes.id. (Prass)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET