Pendampingan Set up Bisnis Badan Usaha Milik Desa Pagerungan Jaya

Bumdes.id – Pada bulan agustus yang lalu, Bumdes.id menjadi mitra kerjasama SKK Migas – Kangean Energy Indonesia Ltd dalam memberikan pendampingan set up bisnis kepada Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Pagerungan Jaya tahun 2023 yang berlangsung selama 14 (empat belas) hari di Desa Pagerungan Besar.

Kegiatan pendampingan diikuti oleh seluruh pengurus BUM Desa Pagerungan Jaya mulai dari penasihat, pelaksana operasional, dan pengawas serta pegawai BUM Desa Pagerungan Jaya. Bumdes.id menurunkan tim pendamping yang terdiri dari 1 (satu) orang tenaga ahli yakni Bapak Agus Edi Winarto dan 1 (satu) orang konsultan BUM Desa yakni saudara Widodo Prasetyo Utomo, S.Ak.

Pengurus BUM Desa Pagerungan Jaya mendapat materi dan praktek pendampingan berupa penataan administrasi BUM Desa, pendataan aset BUM Desa, penyusunan draft rencana kerja, review regulasi usaha BUM Desa, pemetaan kebutuhan SDM BUM Desa dan Unit Usaha, membuat formulir / kertas kerja operasional BUM Desa, menyusun struktur organisasi dan tata kerja BUM Desa, membuat desain tiket retribusi, sosialisasi layanan usaha BUM Desa, serta pemenuhan dan penataan perlengkapan kantor BUM Desa.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pendampingan dari awal hingga selesai. Para peserta tidak hanya mendapatkan materi, tetapi juga langsung melakukan praktek dan mengerjakan arahan-arahan yang diberikan oleh tim pendamping bumdes.id sehingga BUM Desa Pagerungan Jaya dinilai menjadi salah satu BUM Desa yang tertib dan rapi dalam melakukan administrasi oleh Pemerintah Kecamatan Sapeken dan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Dari kegiatan pendampingan set up bisnis yang telah dilakukan menghasilkan beberapa dokumen output berupa rencana kerja usaha BUM Desa Pagerungan Jaya, rencana anggaran dan biaya usaha BUM Desa dan dokumen susunan organisasi dan tata kerja BUM Desa. (Prass)“ 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *