Persiapan Pendampingan Bumdes Seluruh Indonesia: Bumdes.id Gelar ToT Scale Up Bumdes untuk Dosen-Dosen Mentor Pendamping Bumdes  

Pemateri ToT Scale Up Bumdes, Dian Raka Memberikan Materi.

Bumdes.id sebagai konsultan dan aggregator pengembangan Bumdes memiliki program besar bernama Scale Up Bumdes, salah satu program yang bertujuan meningkatkan mutu dan kualitas ribuan bumdes di seluruh Indonesia. Program ini bekerjasama dengan perguruan tinggi terutama dosen-dosen untuk menjadi mentor atau pendamping bagi pengembangan kualitas bumdes agar bisa bertumbuh dan menjalani transformasi digital di era baru.

Kolaborasi Bumdes.id dengan dosen-dosen perguruan tinggi ini dimaksudkan untuk mengakselerasi pertumbuhan bumdes di seluruh Indonesia, mengingat masih banyak bumdes-bumdes yang mangkrak dan tidak terurus. Sementara sebagian besar bumdes yang saat ini aktif masih berjuang kuat untuk bertahan di tengah gempuran pandemi. Para dosen sebagai mentor ini akan membentuk tim peneliti dan pendamping yang akan mendampingi bumdes untuk menata sistem manjemen menjadi lebih rapi,  terstruktur, transparan, akuntabel, memiliki unit bisnis yang dikendalikan secara professional, dapat bertransformasi secara digital seperti membuat laporan keuangan menggunakan komputer, mengekspose produk-produk hasil unit usaha ke dalam marketplace salah satunya seperti bumdes.id serta mempersiapkan diri bagi bumdes untuk naik kelas menjadi berstatus badan hukum.

Training of Trainer ini dibagi ke dalam beberapa tahap dan berjalan terstruktur dengan pemateri utama dari Bumdes.id. Materi-materi utama yang disampaikan adalah mengenai proses digitalisasi produk-produk hasil bumdes, pembuatan laporan keuangan, pembuatan proposal dan pendampingan bumdes, operasional website www.gomentor.id sebagai website kendali untuk para dosen, serta operasional website www.desacenter.id sebagai website kendali untuk bumdes-bumdes seluruh Indonesia.

Sampai saat ini pogram Scale Up Bumdes yang diinisasi Bumdes.id telah mendapat dukungan dari ribuan mentor-mentor dosen perguruan tinggi dan memiliki bumdes-bumdes sasaran binaan dari berbagai provinsi di Indonesia. Bumdes.id mendapat dukungan penuh dari Konsorsium Bumdes bersama KedaiReka untuk melakukan program Scale Up di tahun 2021 ini. Program ini mengoptimalkan dosen-dosen pada perguruan tinggi di daerah untuk mendampingi bumdes di provinsi masing-masing dan/atau provinsi terdekat di sebelahnya.

Bagi Anda dari sektor industri yang berencana melakukan program-program pendampingan dan pengembangan desa serta membutuhkan pendampingan konsultan secara professional dapat menghubungi Bumdes.id. Bumdes.id sampai saat ini telah menjadi mitra strategis sektor-sektor industri dalam memperkuat branding sosial industri di masyarakat (terutama penyaluran dana CSR yang berkelanjutan) serta berpengalaman dalam mengembangkan dan mengakselerasi pertumbuhan ribuan bumdes di Indonesia. Beberapa partner strategis Bumdes.id antara lain PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) dan PT Sarihusada (Danone).

Bumdes.id bersama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) telah sukses membangun dan mendampingi ratusan desa dalam program Desa BRILian tahun 2020 dan berlanjut berproses di tahun 2021. Sementara bumdes.id dengan PT. Sarihusada (Danone) berhasil mengembangkan Desa Kemudo menjadi desa berstatus badan hukum dengan pengelolaan dana CSR yang optimal dan berkelanjutan. Anda dapat menghubungi Bumdes.id melalui akun whatsapp: 0878-0590-0800 atau dengan Uswah (0812-2719-5090).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET