Program Sekolah BUMDesa Kabupaten Muara Enim: Membangun dan Mengembangkan BUMDES Kreatif dan Inovatif

Bumdes.id – Pemerintah yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat pedesaan tentu akan memberikan perhatian khusus terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa guna mengelola usaha, memanfaatkan asset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa layanan, atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Inilah sebabnya pemerintah serius memperhatikan dan mendorong perkembangan BUMDES sebagai bagian dari pembangunan nasional.

Pemerintah Muara Enim memahami potensi besar yang dimiliki BUMDES dalam meningkatkan ekonomi desa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat pembangunan desa serta untuk memberikan dukungan langsung kepada BUMDes kabupaten Muara Enim melalui Program Sekolah BUMDes yang bekerja sama dengan Bumdes.id yang menggunakan tema “Optimalisasi BUMDes Dalam Mengelola Potensi Desa Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Desa” yang dilaksanakan di Kota Yogyakarta selama 30 Oktober sampai 1 November 2023.

Pada Sekolah BUMDes ini terpilih 15 peserta dari BUMDes yang berada di Kabupaten Muara Enim. Para peserta yang terdiri dari anggota BUMDes ini mendapatkan pelatihan mulai dari Filosofi BUMDesa hingga Tata Kelola Keuangan serta sekolah BUMDes ini juga tidak hanya berpacu pada hal yang mengenai teori saja, para peserta juga mendapatkan pembelajaran secara praktik serta Studi Lapangan di salah salah satu BUMDes maju atau sukses yaitu BUMDes Amarta. Kegiatan Studi Lapangan ini bertujuan untuk memberikan peserta motivasi, pengalaman langsung dan pemahaman tentang bagaimana mengelola BUMDes serta dapat mengembangkan usahanya lebih kreatif dan inovatif.

Menurut Bapak Edy Risdianto selaku Narasumber, “Kunci Keberhasilan dalam mengelola BUMDesa adalah Kemampuan dan kejujuran serta memiliki hubungan komunikasi yang harmonisasi antara Direktur dengan Kepala Desa dan mendapatkan pembinaan serta pengawasan dari Pemerintah setempat. Keharmonisan antar direktur dengan Kepala Desa sangat penting untuk mencapai keberhasilan BUM Desa.” 

Pemerintah yang peduli dengan BUMDes adalah cermin dari keseriusannya dalam mewujudkan kemajuan dan kemandirian desa serta mewujudkan pembangunan nasional. Harapan pemerintah Muara Enim dari program sekolah BUMDes ini peserta dapat lebih memahami dan mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan baik melalui pembelajaran dalam kelas maupun pembelajaran melalui kunjungan Studi Lapangan dapat dicontoh kedalam kepengelolaan dan kepengurusan BUM Desa di daerah masing-masing dengan tujuan memajukan BUMDesa dan meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) serta mampu menjadi contoh sarta pendorong motivasi bagi BUMDes lainnya. (Annas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *