[Terbuka untuk UMUM] Webinar Sriekandi Arjoena Desa: Strategi Ciptakan Lapangan Kerja Baru di Desa

Webinar Sriekandi Arjoena Desa: Strategi Ciptakan Lapangan Kerja Baru di Desa

Pandemi Virus Corona-19 yang telah mewabah dan menghantam Indonesia sejak awal 2020 telah banyak menyebabkan krisis ekonomi skala besar di segala sendi-sendi struktur ekonomi masyarakat. Badan Pusat Statistik merilis data bahwa sejak tahun 2020, angka pengangguran meningkat drastis menjadi 29,12 juta jiwa. Pada tahun selanjutnya di 2021 mengalami peningkatan sebesar 2,56 juta jiwa dimana sekitar 760 ribu tidak lagi menjadi angkatan kerja serta 1,77 juta mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Tekanan paling besar dirasakan masyarakat di daerah pedesaan dimana selain mengalami kenaikan angka pengangguran dan kemiskinan, juga dibayang-bayangi gagal panen, produk desa yang tidak terserap ke pasar kerja hingga kegagalan sistem ekonomi desa.

Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk melakukan re-instalisasi sistem ekonomi di desa dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam membentuk ekonomi baru dengan memajukan sektor-sektor strategis unggulan desa, memperbaiki mata rantainya serta melakukan upskilling sumber daya manusia dan sumber daya pendukungnya. Arahan Kepala Negara ini diterjemahkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan mendorong penerapan teknologi dan informasi dalam SDGs Desa untuk mempercepat kebangkitan ekonomi desa, mengurangi angka pengangguran serta membuka lapangan kerja baru.

Sekjend Forum Bumdes se-Indonesia, Rudy Suryanto, S.E., M.Acc menyampaikan pesan bahwa pandemi ini harus menjadi momentum desa-desa untuk kembali bangkit dan bergotong royong secara digital. Desa harus membekali sumber daya manusianya dengan kemampuan teknologi informasi untuk kembali bangkit dan memasuki sistem ekonomi baru berbasis digital. Perubahan interaksi ini menurut Rudy Suryanto bukan memindahkan interaksi dunia nyata ke dalam dunia maya, melainkan memperkuat interaksi digital berbasis big data, berbasis saling kenal, saling sapa dan saling asuh antara desa satu dengan desa lainnya sehingga terbentuk ekosistem digital baru. Inilah yang akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi dari desa, dimana kebangkitan ekonomi  Indonesia harus dimulai dari desa.

Bumdes.id dan Meravi meluncurkan Webinar Sriekandi dan Arjoena Desa sebagai bagian dari solusi untuk mengurangi pengangguran di pedesaan, membuka lapangan kerja baru serta memperkuat motivasi dan kemampuan softskill di bidang ekosistem digital. Sriekandi sendiri merupakan akronim dari Seri Edukasi Kawan Digital untuk Ibu-Ibu dan Perempuan Desa, sementara Arjoena merupakan akronim dari Anak Muda Terjun ke Desa untuk Edukasi Digital Anak Muda di Desa.

Webinar ini terbuka untuk umum dari berbagai segmentasi dengan usia produktif 15 tahun hingga 64 tahun dengan berbagai latar belakang profesi di desa-desa seluruh Indonesia. Para peserta akan mendapatkan motivasi dunia kerja, inspirasi dan gambaran kerja di bidang ekonomi dan teknologi digital, womenpreneurship, enterpreneurship hingga pengelolaan filantrofi sosial dan dunia wirausaha desa.

Webinar ini spesial karena akan mendatangkan pakar yang ahli di bidangnya antara lain:

  1. Anwar Sanusi, Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang akan berbicara mengenai dunia kerja di Indonesia secara makro dan menyeluruh, terutama yang berkaitan dengan masalah-masalah ketenagakerjaan di pedesaan.
  2. Marisa Ardani, Marisa Philantrophy Advisory & Secretary General at International Women’s Federation of Commerce and Industry (IWFCI) Indonesia. Pakar yang telah berpengalaman dalam bidang pemberdayaan perempuan dan ibu-ibu di pedesaan, pengelolaan filantrofi dan corporate social responsibility di pedesaan, kewirausahaan di pedesaan serta pengelolaan womenpreneurship di berbagai sektor industri.
  3. Sugeng Handoko, Pelopor Desa Wisata Nglanggeran. Pemuda desa berprestasi yang sukses melakukan pemberdayaan dan kewirausahaan dengan membangun Desa Wisata Nglanggeran di Gunungkidul, Provinsi D.I. Yogyakarta.
  4. Venny Septia Monica, Pakar dan Pengajar di bidang Digital Branding dan Strategic Digital yang telah malang-melintang di dunia ekonomi digital, saat ini menjadi Chief Strategic Adtree Digital.

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar webinar ini dapat mendaftar melalui:

https://learning.co.id/daftar/sade01

 

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET